The Discourse of Transformative-Critical Pedagogy Among Modernist Muslims
Mohamad Ali(1*)(1) Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Moeslim. Islam yang Memihak. Yogyakarta: LKiS, 2005.
Ali, Mohamad. “Pendidikan Yang Memerdekakan” in Harian Solopos, Senin 21 Agustus 2017.
------------------. Pendidikan Berkemajuan: Refleksi Praksis Pendidikan KH Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Disertasi PPS UNY, 2016. On-going publication process.
----------------. “Arus Pendidikan Islam Transformatif di Indonesia: Sebuah Penjajagan Awal” dlm. Suhuf vol. 29, No. 1, Mei 2017.
--------------------.“Pendidikan Transformatif untuk Perbaikan Kehidupan” in Mohamad Ali. Menyemai SBI Refleksi Modal Sosial dan Modal Budaya. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2012.
Ali, Fachry & Bahtiar Effendy. Merambah Jalan Baru Islam. Bandung: Mizan, 1986.
Anwar, M. Syafii. Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1995.
Berita Resmi Muhammadiyah (BRM) No. 1/2010-2015, Syawwal 1431 H/September 2010.
Beling dan Totten (Ed.). Modernisasi Masalah Model Pembangunan. Jakarta: Rajawali Pers, 1985.
Berger, Peter L. Piramida Kurban Manusia: Etika Politik dan Perubahan Sosial. (A. Rahman Tolleng, Trans.). Jakarta, LP3ES, 1985.
Budiman, Arif. Teori Pembangunan Dunia Ketiga. Jakarta: Gramedia, 2001. Cet. III
Buchori, Mochtar. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Danuwinata, F. “Prawacana” in Paulo Freire. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES, 2011.
Dewey, John. Democracy and Education. Pennsylvania: The Pennsylvania State University, 2001.
----------------.John Dewey. Experience and Education. New York: Collier Books, 1963.
Fadjar, Abdul Malik. Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3NI, 1988.
Fakih, Mansour. Jalan Lain: Manifesto Intelektual Organik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
----------------. “Muhammadiyah sebagai Gerakan Pembebasan: Mempertegas Pemihakan Kepada Kaum Dhu’afa” dlm. Din Syamsuddin (Ed.). Muhammadiyah Kini dan Esok. Jakarta: Panjimas, 1990.
----------------dkk. Belajar dari Pengalaman: Panduan Latihan Pemandu Pendidikan Orang Dewasa untuk Pengembangan Masyarakat. Jakarta: P3M, 1986.
Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. (Utomo Danadjaya, et al., Trans.). Jakarta: LP3ES, Cet. VII, 2011.
---------------. Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan. (Alois A. Nugroho, Trans.). Jakarta: Gramedia, 1984.
---------------. Pedagogi Hati. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
---------------. Pedagogi Pengharapan. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
---------------. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
---------------. Pendidikan Masyarakat Kota. Yogyakarta: LKiS, 2008.
Hasan, A Rifai (Ed.). Tinjauan Kritis Tentang Pembangunan. Jakarta: LSAF, 1985.
Hidayat, Rakhmat. Pedagogi Kritis: Sejarah, Perkembangan, dan Pemikiran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Hoogvelt, Ankie M.M. Sosiologi Masyarakat Sedang Berkembang. (Alimandan. Trans.). Jakarta: Rajawali Pers, 1985.
Illich, Ivan. Bebaskan Masyarakat dari Sekolah. (Sony Keraf, Trans.). Jakarta: YOI, Edisi Revisi, 2000.
Karim, M. Rusli. “Pendidikan Islam sebagai Upaya Pembebasan Manusia”, in Muslih Usa (Ed.). Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
Khoirudin, Azaki. 2016. “Genealogi Pemikiran Pendidikan dalam Sistem Perkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah 1961-2015.” Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maarif, Ahmad Syafii. “Pendidikan Islam sebagai Paradigma Pembebasan” in Muslih Usa (Ed.). Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
Mangunwijaya, Y.B. “Paradigma Baru bagi Pendidikan Rakyat” in Prisma No. 7/ Juli 1980.
Martin, Jay. The Education of John Dewey: A Biography. New York: Columbia University Press, 2002.
Muller, Johannes. “Pendidikan untuk Apa dan Siapa?: Pengintegrasian Pendidikan dan Pembangunan Masyarakat di Indonesia” dlm. Prisma No.11/November, 1979.
-------------------. “Pendidikan sebagai Jalan Pembebasan Manusia dari Cengkeraman Kemelaratan” in Prisma No. 7 Juli 1980.
Muhadjir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Aktif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000.
Mulkhan, Abdul Munir. Nalar Spiritual Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
Mujani, Saiful. “ Pembaruan versi LSM: Teologi sebagai Pergumulan”, in Jurnal Ilmu dan Kebudayaan Ulumul Qur’an. No.1/Vol. IV/1993.
Nitiprawiro, Fr. Wahono. Teologi Pembebasan: Sejarah, Metode, Praksis, dan Isinya. Jakarta: Sinar Harapan, 1987.
Raharjo, M. Dawam. Esai-Esai Ekonomi Politik. Jakarta: LP3ES, 1985.
----------------------- (Ed.). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES, 1995.
---------------------- (Ed.). Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun Dari Bawah. Jakarta: LP3ES, 1985.
Manfred Oepen and Wolfgang Karcher (Ed.). 1987. Dinamika Pesantren: Dampak Pesantren dalam Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat. Jakarta: P3M.
Reimer, Everett 1987. Sekitar Eksistensi Sekolah. (M. Soedomo, Trans.). Yogyakarta: Hanindita, 1987.
Sastrapratedja, M. et al. (Ed.). Menguak Mitos-Mitos Pembangunan Telaah Etis dan Kritis. Jakarta: Gramedia, 1986.
Sudiarja, A. “Filsafat Pendidikan Paulo Freire”, in F. Danuwinata et.al. (Ed.). Dari Sudut-Sudut Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1977.
Sutrisno, Mudji. Pendidikan Pemerdekaan. Jakarta: YOI, 1995.
Tjokroamidjojo, Bintoro and Mustopadidjaja A.R. Teori dan Strategi Pembangunan Nasional. Jakarta: Gunung Agung, 1984.
Tilaar, H.A.R. et al. Pedagogi Kritis: Perkembangan, Substansi, dan perkembangannnya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Topatimasang, Roem. Sekolah itu Candu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
Tuhuleley, Said. Pendidikan Kemerdekaan Diri dan Hak Si Miskin untuk Bersekolah. Yogyakarta: Pusat Studi Muhammadiyah UMY, 2005.
Wahid, Abdurrahman. “Kata pengantar, Pembebasan Melalui Pendidikan: Punyakah Keabsahan? Tinjauan Sepintas atas Sebuah pendekatan”, in Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan. (Alois A. Nugroho, Trans.). Jakarta: Gramedia, 1984.
Zamroni. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2011.
Article Metrics
Abstract view(s): 616 time(s)PDF: 496 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.