Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS
Dewi Purwaningrum(1*), Sumardi Sumardi(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpusari, M., & Putra, R. A. (2015) The application of cooperative learning think pair share (TPS) model to increase the process science skills in class IV elementry school number 81 Pekanbaru city. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(4), 2805- 2808. Diakses pada 8 April 2016, dari http://www.ijsr.net/archive/v4i4/SUB153806.pdf
Anggraini, V. D., Mukhadis, A., & Muladi. (2013). Problem based learning, motivasi belajar, kemampuan awal, dan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 187- 195. Diakses pada 23 April 2016, dari http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/ download/4211/ 1198
Awofala, A. O. A., Fatade, A. O., & Ola-Oluwa, S. A. (2012). Achievement in cooperative versus individualistic goal-structured junior secondary school mathematics classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics trends and Technology, 3(1), 7-12. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://www.ijmttjournal.org/Volume-3/issue-1/IJMTT-V3I1P502.pdf
Bamiro, A. O. (2015). Effects of guided discovery and think-pair-share strategies on secondary school students’ achievement in chemistry. SAGE Open, 1-7. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://sgo.sagepub.com/content/spsgo/5/1/ 2158244014564754.full.pdf
Gencosman, T., & Dogru, M., (2012). Effect of student teams-achievement divisions technique used in science and technology education on self-efficacy, test anxiety and academic achievement. Journal of Baltic Science Education, 11(1), 43-54. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://oaji.net/ articles/2014/987-1419166833.pdf
Ibrahim., & Hidayati, N. (2014). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMAN 1 Seyegan. Jurnal AgriSains, 5(2), 115-136. Diakses pada 25 Maret 2016, dari http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Agrisains/ article/view/12 7/115
Irawati, R. K. (2014). Pengaruh model problem solving dan problem possing serta kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 184-192. Diakses pada 23 April 2016, dari http://journal.um.ac.id/ index.php/jps/article/download/4534/998
Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Surabaya: Kata Pena
Ling, W. N., Bin Ghazali, M. I., & Raman, A. (2016). The effectiveness of student teams-achievement division (STAD) cooperative learning on mathematics achievement amonng school students in Sarikei District, Sarawak. International Journal of Advanced Research and Development, 1(3), 17-21. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://www. researchgate.net/ publication/298972734
M. Anitha, H., & Rao, A. N. (2014). Active learning techniques in engineering education. International Journal of Research in Engineering and Technology, 3(11), 462-465. Diakses pada 7 April 2016, dari http://www. journals.indexcopernicus.com/issue. php?id=12017&id_issue=881054
Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS (pp 28) ISBN:978.602.361.002.0
Muslihatun, D., Saputro, S., & Agustina, W. (2016). Efektivitas metode kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dan teams games tournament (TGT) berbantuan media peta konsep terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi berprestasi pada materi stoikimetri.Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 105-114. Diakses pada 8 Mei 2016, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/issue/view/557
Nisa, R., Musdi, E., Jazwinarti. (2014). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika,3(1), 23-28. Diakses pada 15 April 2016, dari http:// ejournal.unp.ac.id/ students/index. php/pmat/article/view/1215/907
Novianti, I. (2013). Experimentation cooperative learning student team achievement division (STAD) type viewed from learning motivation. Asian Journal of Education and e-Learning, 1(5), 272-276. Diakses pada 8 Mei 2016, dari http://www.ajouronline.com/ index.php?journal=AJEEL& page=article&op=view&path[]=656
Nunnery, J. A., Chappell, S., & Arnold, P. (2013). A meta-analysis of a cooperative lerning model’s effects on student achievement in mathematics. Cypriot Journal of Educational Sciences, 8(1), 34-48. Diakses pada 8 April 2016, dari http://www.world-education-center.org/ index.php/cjes/article/viewArticle/8.1.3 .
Rahmawati, R. D., Mahmudi,A. (2014). Keefektifan pembelajaran kooperatif stad dan tai ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 102 – 115. Diakses pada 25 Maret 2016, dari http://journal.uny.ac.id/index.php/ jpe/article/view/2648/2202
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-11. Diakses pada 3 Februari 2016, dari http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/ article/download 1105/853
Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media
Article Metrics
Abstract view(s): 1980 time(s)PDF: 1568 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.