IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA TASIKMALAYA (STUDI KASUS: SDN GUNUNG LIPUNG 4 KOTA TASIKMALAYA)
Puji Imam Muttaqien(1*)(1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YPPT Priatim Kota Tasikmalaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
AG Subarsono. 2009. Analisis Kebijakan Publik Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.
Eko Puji Lestari, S. P. 2018. Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Indonesia. 45.
Eneng Dewi Wulansari. 2019. Pengaruh Implementasi Kebijakan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. 3 (September), 1–47.
Ertien Rining Nawangsari. 2017. Implementasi Pendidikan Inklusif di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. 9 (2), 174–183.
Firdaus, E. 2010. Pendidikan Inklusif Dan Implementasinya di Indonesia. Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, 24 Januari 2010.
https://bandung.bisnis.com/read/20131217/549/1029811/tasikmalayadeklarasikan-kota-pendidikan-insklusif di akses tanggal 2 Mei 2020.
https://dinsos.tasikmalayakota.go.id/rehabilitasi-sosial-berbasis-masyarakatrbm-karang-anyar-kec-kawalu-kota-tasikmalaya-melakukan-kegiatanpelayanan-terapi-anak-disabilitas/ diakses tanggal 27 Mei 2020.
https://muhammadpranaadithya.gurusiana.id/article/2020/2/penyelenggaraanpendidikan-inklusif-2010708 diakses tanggal 27 Mei 2020.
Khoeriyah, N. 2019. Pandangan Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Anak Usia Dini dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Duke Law Journal, 1 (1), 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Moleong, L. J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustarjudin. 2017. Efektivitas Juru Bahasa Isyarat khutbah di Masjid UIN Sunan Kalijaga. Inklusi, 4 (2), 271–296.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasaan dan/atau Bakat Istimewa.
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa.
Peraturan Walikota Tasikmalaya Nomor 46 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Tasikmalaya.
Ranti Novianti, H. A. A. 2017. Rehabilitasi Berbasis Masyarakat sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Anak dengan Disabilitas. III (01), 109–115.
Sita, A. A. A., Wijayanti, D., Noak, P. A., & Purnamaningsih, P. E. 2003. Implementasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Lingkup Sekolah Inklusi (Studi Kasus: SD No. 11 Jimbaran). Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2 (11).
Sudarto, Z. 2017. Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 1 (1), 97. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p97-106.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wardhani, P. A. 2015. Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (1), 10–36.
Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.
Article Metrics
Abstract view(s): 704 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 866 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.