AKSES PENDIDIKAN MASYARAKAT URBAN PASCA PENERAPAN SISTEM ZONASI DI SURABAYA
Rolita Adelia Prasetya(1*), Farid Pribadi(2)(1) Program Studi Sosiologi, Universitas Negeri Surabaya
(2) Program Studi Sosiologi, Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
This research will discuss about access to urban community education after the Implementation of the zoning system, this study departs from the number of urban communities living on the railroad banks in Ketintang, Surabaya. The purpose of this study is to determine access to education for urban communities related to values, and patterns of action constructed by urban communities in accessing formal education from pre to post implementation of the zoning system policy. This research will be dissected using social construction theory with externalization, objectivation and internalization processes proposed by Peter L Berger with a qualitative descriptive approach. The result of this study is that access to education has turned into a zoning system, making it difficult for urban communities who have a residency status because the country's schools limit quotas and prioritize native citizens of Surabaya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggari, G. Z. 2015. Representasi Gaya Hidup Kaum Urban di Surabaya Pada Arsitektur Kafe Calibre Coffe Roasters. Surabaya: Universitas Airlangga. Diakses dari http://repository.unair.ac.id/67945/3/Sec.pdf.
Anwar, M. 2015. Filsafat pendidikan. Jakarta: Kencana.
Berger, P. L. 1991. Langit Suci: Agama Sebagai Realitas Sosial. Jakarta: LP3ES.
Berger, P. L. & Luckmann, T. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). Jakarta: LP3ES.
Bunnell, A., et. al. 2016. Mapping the Hot Spots: A Zoning Approach to Space Analysis and Design. Journal of Learning Spaces, 5 (1), 19-25. https://eric.ed.gov/?id=EJ1152607.
Datuk, A. 2020. Sistem Zonasi Sebagai Solusi Bagi Orang Tua untuk Mendapatkan Pendidikan Anak yang Bermutu di Kota Kupang. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 20-33.
Dispendik Surabaya. 2019. Mengacu Permendikbud, PPDB Surabaya Gunakan Tiga Jalur Penerimaan Siswa. Diakses dari https://dispendik.surabaya.go.id/uncategorized/2019/mengacu-permendikbud-ppdb-surabaya-gunakan-tiga-jalur-penerimaan-siswa-2/ pada tanggal 8 Mei 2021.
Eka, R. 2007. Kondisi Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Diakses dari https://amalia07.files.wordpress.com/2008/07/kondisi-pemerataan-pendidikan.pdf pada tanggal 2 Maret 2021.
Hafidz, A., dkk. 2016. Fenomena Kemiskinan Perkotaan (Urban Poverty) di Yogyakarta: Suatu Kajian Struktur dan Respons Kebijakan. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/30973/1/Artikel%20Urban%20Poverty%20Dikti%20Aula%20dkk%20FE.pdf pada tanggal 7 Maret 2021.
Hidayat, A. 2017. Kesenjangan Sosial terhadap Pendidikan sebagai Pengaruh Era Globalisasi. Jurnal Justisi Hukum, 2 (1), 15-25. DOI: https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400.
Kompas.com, 2018. Ini Alasan Kemendikbud Jalankan Sistem Zonasi. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2018/06/05/22040311/ini-alasan-kemendikbud-jalankan-sistem-zonasi. pada tanggal 1 Maret 2021.
Kompas.com, 2020. 10 Tahun Wali Kota Risma Mampu Wujudkan Pendidikan Gratis dan Merata di Surabaya. Diakses di https://biz.kompas.com/read/2020/11/26/162642028/10-tahun-wali-kota-risma-mampu-wujudkan-pendidikan-gratid-dan-merata-di-surabaya pada tanggal 8 Mei 2021.
McCulloch, G. 1991. School Zoning, Equity and Freedom: The Case of New Zealand. Journal of Education Policy, 6 (2), 155-168, DOI: 10.1080/0268093910060204.
Nurlailiyah, A. 2019. Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Realita, 17 (1), 13-21.
Pattinasarany, I. R. I. 2016. Stratifikasi dan Mobilitas Sosial. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2018.
Põder, Kaire, Triin L., & Veski, A. 2016. Does School Admission by Zoning Affect Educational Inequality? A Study of Family Background Effect in Estonia, Finland, and Sweden. Scandinavian Journal of Educational Research, 61(6), 668-688.
Pradewi, G. I, & Rukiyati. 2019. Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 28-34.
Ritzer, G. 2012. Teori Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ritzer, G. 2014. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tribunnwes.com. 2018. Masih Banyak Masalah Menghantui Pendidikan Kita. Diakses dari https://www.tribunnews.com/tribunners/2018/01/03/masih-banyak-masalah-menghantui-pendidikan-kita pada tanggal 2 Maret 2021.
Tribunnews.com. 2019. PPDB Surabaya 2019 Pakai Sekolah Kawasan Dan Sistem Zonasi Tak Lolos Kawasan Boleh Daftar Zonasi. Diakses dari https://surabaya.tribunnews.com/2019/05/08/ppdb-surabaya-2019-pakai-sekolah-kawasan-dan-sistem-zonasi-tak-lolos-kawasan-boleh-daftar-zonasi pada tanggal 4 Maret 2021.
Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 pasal 28 C ayat (1), pasal 31 ayat (1), (2), (3), dan (4).
Wibisono, A. B., dkk. 2020. Strategi Branding Kota Surabaya sebagai Kota Sejarah, Budaya, dan Perdagangan. Jurnal Desain dan Seni NARADA, 7(3), 357-377.
Widyaningtyas, A., Nugraha, N., & Sari, S.D. 2021. Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Zonasi. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 29 – 37.
Wulandari, D., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. 2018. Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(9), 1-15.
Zulfiyah, I. & Imron, A. 2017. Masyarakat Miskin Urban di Stren Kali Barata Jaya Surabaya. Jurnal Paradigma, 5(3), 1-6.
Article Metrics
Abstract view(s): 1464 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 1653 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.