STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PASCA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008

Miftahul Ulum(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor dan menetapkan  rencana strategis yang tepat dalam meningkatkan kualitas pelayanan di SMK Negeri 1 Sayung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R and D (research and development). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara dan FGD (Focus Group Discussion). Teknik analisis Matrik Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM) digunakan untuk menentukan pilihan strategi. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang tepat adalah strategi integrasi vertikal. Strategi ini menghendaki agar sekolah melakukan pengawasan yang lebih terhadap kinerja sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Rencana strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah: (1)Mengoptimalkan implementasi Kurikulum 2013, (2)Melaksanakan diversifikasi kurikulum, (3)Meningkatkan komitmen seluruh warga sekolah, (4)Meningkatkan kualitas pembelajaran, (5)Mengembangkan kurikulum muatan lokal, (6)Pengembangan bench marking, (7)Mengembangkan kualitas dan kuantitas fasilitas pembelajaran, (8)Meningkatkan kualitas lulusan, (9)Meningkatkan pelaksanaan program Ekstrakurikuler dan program pembinaan kesiswaan, (10)Meningkatkan suasana ketentraman dan ketenangan belajar dalam mewujudkan ketahanan sekolah, (11)Mengefektifkan peran dan fungsi Komite Sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat sebagai mitra kerja sekolah, (12)Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan.

Keywords

Rencana Strategi, Kualitas Pelayanan, ISO 9001:2008

Full Text:

PDF

References

Gaspersz, Vincent. (2003). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kementerian Pendidikan Nasuional, UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Komala, Dewi Odjar Ratna, et.al. 2014, Pengantar Standarisasi, Edisi kedua, Badan Standarisasi Nasional (BSN) ,

Kotler, Philip, & Susanto, A. B., 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip, 2000. Marketing Management, The Millenium Edition, New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Permendiknas Nomor 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan

Pratiwi, Yeni Ratih, 2013, Efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan Berstandar ISO 9001:2008 terhadap Pencapaian Standar Isi, Standar Proses dan Standar Kompetensi Lulusan Jurnal Pendidikan Sains, Volume 1, Nomor 3, September 2013, Halaman 217-227, Diunduh dari file:///D:/Users/user/Downloads/4166-1942-1-PB.pdf, tanggal 4 Januari 2017 Jam 12.48.

Qolbi, Yahdi, 2014 Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Dinas Kesehatan Kota Tarakan, eJournal Ilmu Pemerintahan, ejournal.ip.fisip.unmul.org © Copyright 2014, Diunduh dari http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/11/JURNAL%20(11-06-14-10-57-47).pdftanggal 4 Januari 2017 Jam 14.28.

Sallis, Edward. 2012. Manajemen Mutu terpadu Pendidikan. Jogjakarta.IRCiSod

Sugiyono , 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta

____________ , 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta

Tjiptono , F.2005. Prinsip-prinsip total Quality service. Yogyakarta:Andi

Tjiptono, F. 2012. Service Management mewujudkan layanan Prima. Yogyakarta:Andi

Article Metrics

Abstract view(s): 1895 time(s)
PDF: 3670 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.