PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA (LKM) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I
Rochmawati Rochmawati(1*), Irin Widayati(2), Kirwani Kirwani(3)(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to determine the effect of learning outcomes on students who use Contextual Student Activities Sheet (CSAS/LKM) with students who do not use CSAS in intermediate financial accounting I lesson. During this time the teaching and learning process in the classroom using only literature books. The research method in this study was an experiment using a t test analysis tool. the value of t count is 127,098 supported by a significance of 0.001 ≤ 0.005 for students of class 2016 who are divided into experimental and control classes. The results of the study showed that there are effects of student learning outcomes using CSAS/LKM on student learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, M. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Arsyad, A. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Baridwan, Z. 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.
Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mandikdasmen, Depdiknas.
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jusup, Haryono, Al. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 2, Yokyakarta. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Kurnia, Erin Intan, & Susilowibowo, Joni. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Project Based Learning Pada Kompetensi Dasar Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 3 (2). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/issue/view/887 diakses 08 April 2016.
Naziyah, N. & Rohayati, S. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa di Kelas XI Perbankan SMK Assa’Adah Bungah Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 3 (2), http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/issue/view/887 diakses 08 April 2016.
Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Pratiwi, Meta Nanda & Susilowibowo, Joni. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pencatatan Transaksi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 3 (2), http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/issue/view/887 diakses 08 April 2016.
Sudjana Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo Statistika Terapan untuk Studi Sosial Ekonomi.
Sugiyanto, 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Syah Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2009. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
User Usman. 2006. Menjadi Pendidik Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view(s): 338 time(s)PDF: 601 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.