TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS PENYELESAIAN MASALAH: METODE BARU DALAM PEMBELAJARAN TEORI EKONOMI MIKRO
Taufiq Hidayat(1*), Rika Pristian Fitri Astuti(2)(1) IKIP Bojonegoro
(2) IKIP Bojonegoro
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, T. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidikan Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. (diterjemahkan oleh Helly Prajito & Sri Mulyantini). New York: Mc GrawHill Companies.
Arif, A., & Khafid, M. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Teuku
Umar Semarang Tahun 2014/2015. Economic Education Analysis Journal. 4 (3).
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Khoirunnisa, I. & Sugiharsono. 2015. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Problem Solving dan TAI untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 2(1), 12-20.
Megawati, Y.D.N., & Sari, A.R. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X (1), 162-180.
Silayusa N.P., Dantes, N., & Suarni N.K. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPS Siswa SMALB di SLB A Negeri Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 5 (1).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, E.R. 2015. Cooperative Learning; Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suparlan. 2006. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Yogyakarta: Hikayat.
Wahyudi, A. 2015. The Influence of Cooperative Learning Team Assisted Individualized (TAI) Type to the Students’ Learning Motivation and English Reading Comprehension at STIK Bina Husada Palembang. Premise Journal, 4 (1).
Yuliantari, N.L.P. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK N 1 Sukasada, Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7 (2).
Article Metrics
Abstract view(s): 1015 time(s)PDF: 850 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.