PENGARUH STEARIC ACID PADA KARET ANGKATAN SEPEDA MOTOR TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK DENGAN KOMPOSISI 3Phr, 4Phr, 6Phr
Masyrukan Masyrukan(1*), Pramuko Ilmu Purboputro(2)(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Karet angkatan merupakan hal yang sederhana namun penting untuk kendaraan.
Komponen ini terletak di dalam tromol roda belakang yang berhubungan langsung
dengan gear. Banyak factor yang mempengaruhi kerusakan komponen ini. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh stearic acid terhadap nilai
kekerasan dan kuat tarik dari kompon karet angkatan.
Bahan yang digunakan untuk membuat kompon yaitu RSS dan karet sintetis
dicampur dengan bahan kimia stearic acid, black karbon white oil, ZnO, paraffin
wax, MBTS,resin komaron dan sulfur. Bahan–bahan ini dicampur mengunakan two
rollmixing hinga menyatu dan membentuk lembaran kompon. Untuk mengetahui lama
pematangan karet dilakukan proses rheometer. Proses selanjutnya vulkanisasi karet
dengan mengunakan mold yang di press dengan suhu 1600C dan dengan tekanan 150
psi. Pengujian tarik mengunakan alat rubber testing equipment dengan standar SNI
ISO 37 : 2015 (IDT – 2011). Pengujian kekerasan menggunakan alat dengan skala
Shore A hardness tester dengan standar ISO 7619 – 1 : 2010.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, penambahan sulfur sangat berpengaruh
terhadap nilai kekerasasn dan nilai kuat tarik. Untuk nilai kekerasan kompon 3
dengan komposisi sulfur 6 phr memiliki kekerasan tertinggi yaitu 77 Shore A dan nilai
terendah pada komposisi 1 dengan nilai kekerasan 65,6 Shore A. pada nilai kuat tarik
tertinggi didapatkan 15,394 N/mm2 di komposisi 1 dan nilai terendah di komposisi 3
dengan nilai 11,44 N/mm2.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Christina, Mery.Baharudind dan Zuchra Helwani. 2012. “Pengaruh Kadar Asam
Stearate,Mercapodibenzothiazyldisulfide (MBTS) Dan Sulfur Terhadap Sifat Dan
Morfologi Thermoset Ruber Dengan Filler Carbon Black-Abu Terbang Sawit”. Diambil
dari : http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFTEKNIK/article/view/ (13 September
Hendrawan.M.A.,Purboputro.P.I. 2015. “Studi Karakteristik Sifat Mekanik Kompon
Karet Dengan Variasi Komposisi Sulfur Dan Carbon Black Sebagai Bahan Dasar Ban
Luar”. diakses dari : https://publikasiilmiah.ums.ac.id/
Hendarto, Riki, D200 08 0063 (2014) “Pengaruh Komposisi Kompon Ban Pada
Koefisien Grip Dengan Lintasan Semen”. Diakses dari : http://eprints.ums.ac.id/
Sugiyanto, AriD200 06 0088 (2013) “Pengaruh Sulfur Terhadap Kekerasan Produk
(Rubber Bushing) Dengan Perbedaan Jumlah Sulfur 8 Gram, 10 Gram Dan 12 Gram”.
Diakses dari : http://eprints.ums.ac.id/
Wargono, Damar, D200 100084 (2016) “Pengaruh black carbon dan sulfur terhadap koefisiensi grip bahan ban luar dengan batikan lengkung pada lintasan beton saat
kondisi kering dan basah”. diakses dari http://eprints.ums.ac.id/
Wikipedia.2017. Sejarah Perkembangan Pembuatan Ban. Diakses dari :https://
id.wikipedia.org/wiki/ban
http://www.substech.com/dokuwi/doku.php?id =shore durometer hardness test.
https://sersasih.wordpress.com/2011/07/21/laporan-material-teknik-uji-tarik/
Article Metrics
Abstract view(s): 761 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 607 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.