LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS PENGARUHNYATERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA MELALUI KEBIJAKAN DEVIDEN

Ainun Jariah(1*)

(1) Program Studi Manajemen, STIE Widya Gama Lumajang
(*) Corresponding Author

Abstract

The company’s value can be found on the ability to pay dividends. The amount of dividends paid to shareholders depend on the dividend policy of each company. This study aims to determine how the effect of liquidity, leverage, profitability toward dividend policy and the value of manufacturing companies in Indonesia. The number of samples are 8 manufacturing company. Data were analyzed using path analysis model. The results showed that liquidity, leverage, profitability have significantly influence on the company’s value, through the variable dividend policy shows the effect of the narrowing means that the value of the company was affected by the dividend policy is not significant. Partially, not all variables have a significant effect, just variables liquidity and leverage have correlation coefficient (R) of 0.574 with a significance of 0.025 which means proven strong correlation with the criteria. While the value of the coefficient of determination (R square) is 32.9%, which variables liquidity, leverage, profitability have influence to company’s value.

 

Keywords: Liquidity , Leverage , Profitability , Dividend Policy , Values of Firm.

Full Text:

PDF

References

Alfredo Mahendra DJ, 2011, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia, Thesis, Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Udayana, Denpasar.

Arikunto. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta.Renika Cipta.

Brigham, Eugene F. and Joel F. Houston, 2001. Fundamentals of Financial Management, Ninth

Chen, C. K. (2004). Research on impacts of team leadership on team effectiveness.The Journal of American Academy of Business, Cambridge, 266-278.

Fakhruddin, M. dan M.S. Hadianto. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di PasarModal. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Harjito, A dan Martono. 2005. Manajemen Keuangan. Yogyakarta.

Horne & Wachowicz, 2005, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Jakarta. Salemba Empat,

http://finance.yahoo.com/q/hp?s=CPIN.JK&a=00&b=1&c=2011&d=11&e=31&f=2014&g=m

Husnan, Suad (2001). Manajemen Keuangan Teori Dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek) Buku 2 Edisi 4 Cetakan Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Jogiyanto. 2011. Structural Equation Modeling. Yogyakarta. STIM YKPN.

Jogiyanto. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta. BPFE.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating, Skripsi, Fakultas Ekonomi Diponegoro Semarang.

Morenly Welley & Victoria Untu, 2015, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan di Sektor Pertanian Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2013

Napa J, Awat. 1999. Manajemen Keuangan : Pendekatan Sistematis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Nugroho. Anton. dan Yohanes. 2011. It’s Easy Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta. Skripta Media Creative.

Nurlela dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Peusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI

Pancawati Hardiningsih, 2009, Determinan Nilai Perusahaan, JAI Vol. 5 No. 2 Juli 2009: 231-250, Universitas STIKUBANK, Semarang

Pinuji, Ponco Satriyo. 2009. Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Harga Sahampada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 20052007.Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prayitno, Anggia. 2008. Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Likuiditas Terhadap Harga Saham Sektor Properti di Bursa Efek Jakarta Tahun 2001-2006, Skripsi, Universitas Widyatama.

Rika Susanti (2010) dengan judul “Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan (studi kasus pada perusahaan go publik yang listed di BEI periode 2005 – 2008)

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE. Winardi. 2001. Ekonomi Majerial. Bandung . Mandar Maju.

Sri Hasnawati & Agnes Sawir, 2015, Keputusan Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan dan Nilai Perusahaan Republik Indonesia, JMK, Vol. 17 No. 1 Maret 2015

Sri Hermuningsih, 2013, Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Di Indonesia, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Oktober 2013.

Soliha, E. dan Taswan. 2002. Pengaruh Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan serta Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 9. No. 2.September: 149-163.

Sujoko, & Soebiantoro, U. (2007). Pengaruh strukturkepemilikan saham, leverage, faktor intern dan faktor ekstern terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 9(1), 41–48.

Sunariyah. 2004. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal Edisi Keempat. Yogyakarta. UPP AMP YKPN.

Tri Wahyuni, Endang Ernawati, dan Werner R. Murhadi (2014) dengan judul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan di Sektor Property, Real Estate & Bulding Construction

Wahyudi, Untung; Pawestri, Hartini Prasetyaning. 2006. Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) IX, Padang, 23-26 Agustus 2006.

Yuliana, dkk (2013) dengan judul “ Pengaruh Struktur Modal dan Return On Equity (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertanian Di Bursa Efek Indonesia

Article Metrics

Abstract view(s): 6389 time(s)
PDF: 8020 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.