Pengaruh Desain dan Fasilitas Ruang Kelas Kampus UMS terhadap Perilaku Mahasiswa

Yusuf Agung Pratama(1*), Wisnu Setiawan(2)

(1) Prodi Arsitektur Fakultak Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Prodi Arsitektur Fakultak Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Ruang kelas merupakan tempat belajar mengajar antara mahasiswa dan dosen. Kampus UMS memiliki kurang lebih 224 ruang kelas dan mahasiswa yang berjumlah lebih dari 35.000. Di dalam dunia desain, arsitektur menciptakan suatu bentuk fisik yang dapat dirasakan atau dinikmati jika dilihat dan dipegang dan sangat mungkin menjadi fasilitator terjadinya perilaku penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh ruang kelas Kampus UMS terhadap perilaku mahasiswa. Metode yang digunakankan adalah kualitatif dan pengumpulan data menggunakan teknik pemetaan perilaku yaitu person-centered maps dan place-centered maps serta physical trace pada ruang kelas. Banyak sekali faktor pada desain dan fasilitas ruang kelas Kampus UMS yang dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa. Perilaku-perilaku tersebut diantaranya yaitu menggeser bangku atau tempat duduk untuk sirkulasi sehingga menjadi berantakan, laci yang menjadi stimulus untuk membuang sampah di dalamnya, serta meja dan bangku yang dijadikan media gambar dan tulis.

Keywords

mahasiswa, perilaku, ruang kelas, UMS

Full Text:

PDF

References

Adhitama, M.S., 2013, Faktor Penentu Setting Fisik dalam Beraktifitas di Ruang Terbuka Publik “Studi Kasus Alun-Alun Merdeka Kota Malang”, Jurnal RUAS Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. 11 (2). 1693-3702

Azizah, N., 2014, Perilaku Seks Pra-Nikah Remaja [Skripsi], Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Badan Standar Nasional Pendidikan, 2011, Rancangan Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Tinggi Program Pascasarjana dan Profesi.

Burhanuddin, 2010, Karakteristik Teritorialitas Ruang Pada Permukiman Padat di Perkotaan, Jurnal Ruang Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Tadulako, 2 (1). 39-46

KBBI, 2018, Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. KBBI. https://kbbi.web.id/mahasiswa. [diakses pada 1 Desember 2018]

Laurens, J.M., 2005, Arsitektur dan Perilaku Manusia, Jakarta: PT Grasindo

Makalew, V.L. & Waani J.O., 2015, Pengamatan Arsitektur dan Perilaku “Studi Kasus PAUD GMIM Karunia Tumpaan-Kakas”, Jurnal Temu Ilmiah IPLBI. 159-166

Nurnaini, K., 2014, Motivasi Berprestasi Mahasiswa Penyandang Tunadaksa [Skripsi], Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Prabowo, H., 1998, Arsitektur, Psikologi dan Masyarakat, Jakarta: Universitas Gunadarma

Setianingrum, M., 2017, Penggunaan Variasi Media Ajar Terhadap 3 Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Jepang, Jurnal SMA Korpri Bekasi. 2(1). 1-8

Tandal, A.N. & Egam, I P.P., 2011, Arsitektur Berwawasan Perilaku (Behaviorisme), Jurnal Prodi Arsitektur Unsrat. 8 (1). 53-67

UMS, 2018, Aset Ruang [Online]. Universitas Muhammadiyah

Surakarta. https://sarpras.ums.ac.id/aset-ruang. [diakses pada 20 Desember 2018]

UMS, 2018, Tentang UMS [Online]. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://www.ums.ac.id/id/tentang-ums. [diakses pada 1 Desember 2018]

Widiyati, P.S., 2014, Pengaruh Lingkungan Buatan pada Perilaku Manusia, Jurnal Prodi Desain Interior Sekolah Tinggi Desain InterStudi. 7 (14)

Article Metrics

Abstract view(s): 1090 time(s)
PDF: 1208 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.