Penggunaan dan Penguasaan Ruang Berbasis Gender di UMS

Nor Laely Qomariah(1*), Andika Saputra(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam di Indonesia yang memiliki beberapa pola penggunaan dan penguasaan ruang berbasis gender di dalam lingkungan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan dan penguasaan ruang berbasis gender di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pemahaman lebih jauh tentang penggunaan ruang berbasis gender dan penekanannya dalam penggunaan ruang, maka penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat agar pengguna di lingkungan UMS dapat melangsungkan kegiatan dengan nyaman dan tenang. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik pemetaan perilaku person-centered maps, place centered maps, dan physical trace pada ruang luar di lingkungan UMS. Hasil penelitian menunjukkan pola aktifitas pada penggunaan dan penguasaan ruang berbasis gender di lingkungan UMS.

Keywords

perguruan tinggi; ruang luar; gender

Full Text:

PDF

References

Altmann. (1975). The Environment and Social Behavior: Privacy, Personal Space, Territory, and Crowding. California: Boroks/Cole.

Hakim, Rustam. (1993). Unsur Perancangan Dalam Arsitektur Lansekap. Jakarta : Bumi Aksara

Holahan C.J. (1982). Environmental Psychology.New York: Random House.

Muawanah, Elfi (2006). Menuju Kesetaraan Gender, Malang, Kutub Minar

Notoatmodjo. (2007). Pendidikan Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktaviana, Dwi. 2015. Hubungan antara konsep diri dan pergaulan teman sebaya dengan perilaku delinkuen ramaja. Skripsi. Universitas Lampung

Prabawasari, V. W. & Suparman, A., (1999). Tata Ruang Luar 01. Jakarta: Gunadarma.

Rahayu, Sestuningsih Margi; Heriansyah, Masnurrima (2019). Konseling Kesehatan Mental untuk Mengatasi Perilaku Negatif pada Remaja, PROCEEDING Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia Bandung

Article Metrics

Abstract view(s): 252 time(s)
PDF: 237 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.