KONTRIBUSI SOSIOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
Mohamad Ali(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengembangan pendidikan Islam bertumpu pada dua kaki yang harus melangkah seiring sejalan, yaitu pengembangan konsep-konsep teoritis dan pengayaan reflektif dari pengalaman kancah (baca: praktis). Pengembangan konsep-konsep teoritis bisa dipinjam dari konsep-konsep atau teori filsafat, psikologi, sejarah maupun sosiologi yang dapat digunakan untuk memperkaya dan mempertajam teori/ilmu pendidikan Islam. Penerapan pendekatan sosiologis dalam pendidikan Islam menekankan bahwa pendidikan tidaklah berdiri sendiri, laksana menara gading, tetapi terintegrasi dengan struktur sosial masyarakat setempat. Pendidikan harus membumi dan berinteraksi secara akrab dengan kehidupan sosial dimana pendidikan Islam itu berada. Kontribusi utama pendekatan sosiologis ialah memberi peta bumi sosial dimana pendidikan Islam itu landing. Dengan peta bumi sosial, idea membangun ilmu ataupun teori dan praktik pendidikan Islam khas Indonesia merupakan kemungkinan yang sangat terbuka, bahkan menjadi suatu keniscayaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi. Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.
Ali, Mohamad. “Transformasi Sekolah Santri”, dalam Gagasan Solopos 13 Juli 2013
Asy’arie, Musa. Menggagas Revolusi Kebudayaan tanpa Kekerasan. Yogyakarta: LESFI, 2002.
Azra, Azyumardi. “Islam Indonesia: Kontribusi pada Peradaban Global” dlm. Majalah Prisma No. 4 Oktober 2010.
--------------------. “Kebangkitan Islam akan Muncul dari Melayu”, dlm. Jurnal Ulumul Qur’an No. 1/VII/1996.
Berger, Peter L. Humanisme Sosiologi. Terjemahan Daniel Dhakidae. Jakarta: Inti Sarana Aksara, 1985.
Bouman, P.J. Ilmu Kemasyarakatan Umum. Terjemahan H.B. Yasin. Jakarta: Pembangunan, 1980.
---------------. Sosiologi Pengertian dan Masalah. Terjemahan Sugito & Sujitno. Yogyakarta: Kanisius, 1976.
Buchori, Mochtar. Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.
Darojat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara & Departemen Agama, 1992.
Fischer, Joseph. “Indonesia” dalam James C. Coleman (Ed.). Education and Political Development. New Jersey: Princeton University Press, 1968.
Kuntowijoyo. Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia. Yogyakarta: Shalahuddin Press, 1994.
Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
Nurcholish Madjid. “Islam in Indonesia: A Move from Periphery to the Center”, dlm. K ultur The Indonesian Journal for Muslim Culture. No. 1/I/2000.
Maliki, Zainuddin. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: UGM Press, 2008.
Mugrave, Peter William. The sociology of Education. London & New York: Methuen, 1979.
Mu’ti, Abdul & Fajar Riza Ul Haq. Kristen Muhammadiyah: Konvergensi Muslim dan Kristen dalam Pendidikan. Jakarta: Al-Wasath, 2010.
Nasikun. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 1987.
Rahim, Husni. “Pendidikan Islam di Indonesia: Keluar dari Eksklusivisme”, dlm. Ikhwanuddin Syarief & Dodo Murtadlo (Ed.). Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: Grasindo, 2002.
Rahman, Fazlur. Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual. Terjemahan Ahsin Mohammad. Bandung: Pustaka, 1985.
Said, Muhamad. Ilmu Pendidikan. Bandung: Alumni, 1985.
Simuh. “Masa Transisi dalam Perspektif Agama”, dlm. Jurnal Ulumul Qur’an No.5/VII/1997.
Sjalaby, Ahmad. Sejarah Pendidikan Islam. Terjemahan Muchtar Yahya & Sanusi Latif. Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
Smith, Samuel. Gagasan-gagasan Besar Tokoh-tokoh dalam Bidang Pendidikan. Tejemahan Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara, 1986.
Swift, D.F. Sosiologi Pendidikan: Perspektif Pendahuluan yang Analitis. Jakarta: Bharata, 1989.
Undang-Undang Dasar 1945 dan Perubahannya
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Vembriarto, St. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Grasiondo, 1993.
Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1992.
Article Metrics
Abstract view(s): 17030 time(s)PDF: 4745 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.