KONTEKSTUALISASI HIJRAH SEBAGAI TITIK TOLAK PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

Zaenal Abidin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Hijrah biasa dimaknai sebagai perpindahan, pemutusan keterikatan masyarakat terhadap tanahnya, atau dalam sejarah Islam dimaknai sebagai perpindahan Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah. Peristiwa hijrah merupakan titik tolak perubahan dalam dakwah Nabi, dari yang awalnya tidak begitu banyak pengikut karena kondisi Makkah saat itu tidak mendukung, kemudian dilandasi perintah Allah melaksanakan hijrah ke Madinah dan diterima masyarakat sekitar. Maka tidak heran jika penanggalan tahun hijriah dimulai sejak hijrahnya Nabi.

Tapi penulis kali ini akan mencoba memaknai dari sudut pandang lain, yaitu hijrah dimaknai dari sudut Pembaharuan PendidikanIslam. Karena hijrah tidak boleh hanya ditafsirkan sebagai peristiwa historis saja, tapi harus di ambil hikmah dan berusaha mengimplementasikan dalam kehidupan umat.Hijrah mempunyai nilai strategik, baik dalam pengelolaan sosial, penyebaran Islam (dakwah) maupun pendidikan Islam. Maka salah satu usaha membenahi dan pembaharuan pendidikan perlu memandang hijrah tidak hanya dari aspek sosiohistoris tapi juga makna dibalik hijrah.

Keywords

Hijrah, problem, Pembaharuan Pendidikan

Full Text:

PDF

References

Arief, A. (2003). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Angkasa.

Darmaningtyas. (2004). Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Pres.

Ghazali, A. M. (2009). Argumen Pluralisme Agama. Depok: Kata Kita.

Harahap, S. (1999). Islam Konsep dan Implementasi Pemberdayaan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Hart, M. H. (2009). 100 Orang Paling Berpengaru Di Dunia Sepanjang Sejarah. Jakarta: Hikmah.

Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lings, M. (2013). Muhammad. Jakarta: Serambi.

Nata, A. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Jakara: Media Kencana Group.

Raman, F. (1984). Islam. Bandung: Pustaka.

Syari'ati, A. (1996). Rasullulah saw. Bandung: Pustaka Hidayah.

Tafsir, A. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rosda.

Yunus, M. (1992). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Hikayat Agung.

Article Metrics

Abstract view(s): 2750 time(s)
PDF: 7551 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.