Manajemen Pembelajaran Matematika di SD Negeri Mangkubumen 83 Surakarta

R Riyanti(1*), S Sutama(2), M Maryadi(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) ciri-ciri perencanaan pembelajaran matematika; (2) ciri-ciri pelaksanaan matematika; dan (3) ciri-ciri evaluasi kurikulum matematika. Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Lokasi di SD Negeri Mangkubumen 83 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian (1) perencanaan pembelajaran matematika disusun oleh guru secara berkelompok dengan berpedoman pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), dikembangkan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing. (2) Tujuan pembelajaran matematika berpedoman pada kurikulum tingkat satuan pendidikan. Materi pembelajaran matematika terdiri dari 6 (enam) standar kompetensi yang terbagi untuk semester I sebanyak 4 (empat) standar kompetensi, dan 2 (dua) standar kompetensi untuk semester II. Metode pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru adalah metode deduktif, demonstrasi, diskusi, ekspositori,latihan, dan tanya jawab. Jenis media pembelajaran matematika bermacam-macam,dengan tujuan untuk menjelaskan konsep matematika. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti pembelajaran, dan tahap akhir. (3) Evaluasi kurikulum mata pelajaran Matematika, dilakukan oleh kepala
sekolah selama proses pembelajaran dan akhir semester dengan cara observasi, dan pengamatan dokumentasi. Komponen evaluasi kurikulum terdiri dari: penilaian standar isi, penilaian perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, standar penilaian, dan standar kelulusan

Keywords

manajemen; pembelajaran; matematika

Full Text:

PDF

References

Daryanto, 2008, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Penerbit Apollo.

Desoete, Annemie. 2007. “Evaluating and Improving the Mathematics Teaching Learning Process Through Metacognition”. Journal of Research in Educational Psychology, N. 13 Vol 5 (3), ISSN: 1696-2095, pp: 705-730

Diba, Farah, Zulkardi, Trimurti Saleh, 2009, Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, No. 1

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Excel, Nzekwe, 2012, Role of Mathematics Learning Development Centres in HEIs, Aston University, Birmingham, UK

Frengky, 2011, Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar, Jurnal Psikologi, Volume 35, No. 2 Hal 151 – 163

Isandespha, Ida Nurmila, 2015, Pengembangan Bahan Ajar Materi Pembelajaran Matematika SD Dengan Pendekatan Realistik Bernuansa Islami Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurnal Elementary School 2, Volume 2 Nomor 1. Hal. 1 – 12

Leonard, Jacqueline; Carolina Napp; Shade Adeleke. 2009. “The Complexities of Culturally

Relevant Pedagogy: A Case Study of Two Secondary Mathematics Teachers and Their ESOL Students”. The High School Journal, The University of North Carolina Press. 3-22 pgs.

Mulyani, Sri, 2010, Pembelajaran Matematika Dengan Alat Peraga Papan Berpasangan, E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5

Nasution. 2011. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutama, Sabar Narimo, dan Haryoto, 2012, Pengelolaan Pembelajaran Matematika Pascabencara Erupsi Merapi, Jurnal Kependidikan, Volume 42 Nomor 1 Halaman 7 – 17

Sutarno NS. 2011. Perpustakaan dan Masyarakat Edisi Revisi. Jakarta : CV. Sagung Seto

Widarti, Sri Yutmini, dan Samsi Haryanto, 2013, Pengelolaan Pembelajaran Matematika Kelas 6 di SD Negeri 4 Purwodadi, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.1, No. 3, Hal. 377 - 388

Wirodikromo, Sartono. 2007. Matematika. Jakarta: Erlangga.

Article Metrics

Abstract view(s): 2602 time(s)
PDF: 4653 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.