Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa
Rona Taula Sari(1*), Siska Angreni(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa
melalui pembelajaran Project Based Learning. Penelitian dilakukan dengan desain
One-Shot Case Study dengan subjek penelitian 45 mahasiswa program pendidikan
guru sekolah dasar FKIP Universitas Bung Hatta. Data penelitian diperoleh dari
analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creative Thinking
Scale / CTS). Analisis data dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan produk
kerajinan olahan limbah organic dan anorganik sangat tinggi dengan nilai 92. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan
kreativitas mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rahayu. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk
Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan
Fisika Indonesia 7 (2011) : 106-110.
Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran:
Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Saefudin. A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). AlBidāyah,
Vol
No. 1, Juni 2012: 37-48.
Sari, R.T. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter
dalam Pembelajaran IPA SMK. Tesis. Universitas Negeri Padang.
Sari, R. T. (2016). Analisis Perencanaan Pembelajaran IPA pada Materi Ekosistem Kelas XII
SMK Negeri 4 Padang. Varia Pendidikan Kajian Penelitian Pendidikan. Vol 28, No 2
Desember 2016. ISSN 0852-0976 :160-168.
Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi
Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia:
Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26.
Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2017). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi
Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Quantum Learning di Sekolah Dasar.
Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 26-32.
Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2018). Analysis of Science Learning Process by Using Learning
Module of Character Education Oriented through Quantum Learning Approach. Jurnal
Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(1), 14-24.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Suarsana. M.I dan G.A. Mahayukti. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan
Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa
. Jurnal
Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2, Oktober 2013: 264-275.
Tirtiana. P. C. (2013). Pengaruh kreativitas belajar, penggunaan media
Pembelajaran power point, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata
pelajaran akuntansi pada siswa kelas x akt smk negeri 2 blora tahun ajaran 2012/2013
(motivasi belajar sebagai variabel intervening). EEAJ 2 (2) (2013) : 15-23
Wusqo. I.U. (2014). Upaya mendorong kemampuan berfikir Kreatif mahasiswa dalam inovasi
konservasi pangan. Indonesian Journal of Conservation. Vol. 3 No. 1 - Juni 2014 [ISSN:
-9195]: 75—82.
Article Metrics
Abstract view(s): 8860 time(s)PDF: 38727 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.