Pendampingan Penulisan Opini Media Daring pada PC IMM Banyumas dengan Pendekatan Group Achievement
Pundra Rengga Andhita(1*)(1) Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Banyumas sebagai bagian dari organisasi Muhammadiyah perlu terlibat dalam penyebaran dakwah literasi. Upaya ini sesuai dengan tujuan organisasi Muhammadiyah untuk melakukan dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan tajdid di segala bidang kehidupan. PC IMM Banyumas harus merespon positif pola dakwah media daring dan memahami kompetensi menulis sebagai aspek penting dakwah literasi. Ini juga merupakan upaya untuk mengimbangi pemberitaan yang tidak selalu sejalan dengan semangat PC IMM Banyumas. Melalui tulisan, ide dapat disebarkan secara luas, memberikan manfaat yang konstruktif, inovatif, dan solutif. Sayangnya hingga saat ini belum banyak artikel yang ditulis oleh PC IMM Banyumas muncul di media daring. Solusi yang bisa dilakukan adalah pendampingan dalam penulisan opini media massa. Metode yang dapat digunakan adalah pendekatan group achievement theory dengan memperhatikan tiga aspek yakni, member input, mediating variable, dan group output. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2019 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Purwokerto ini mendapat respon positif dari peserta. Pelatihan diikuti oleh lebih dari 30 peserta. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi peserta dalam menulis opini di media massa. Namun evaluasi yang dilakukan beberapa waktu kemudian memperlihatkan belum banyak tulisan peserta yang masuk ke media massa. Mengingat penulisan opini media massa memiliki banyak aspek yang perlu dikaji, maka perlu adanya pelatihan sejenis yang berkelanjutan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah, V. N. (2020). Pemberdayaan Jurnalistik bagi Organisasi Kepemudaan Masjid pada Forsam Klaten Selatan. Warta LPM, 23(1), 35-44
Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Profetika, 17 (1), 43-56.
Andhita, P. R. (2019). Sporadisme Produk Non Jurnalisme. Detik.com, 15 Januari, https://news.detik.com/kolom/d-4385284/sporadisme-produk-non-jurnalisme. Diakses 14 November 2020
Andhita, P. R. (2020). Penerapan CERC Model dalam Krisis. Radarbanyumas. co. id, Senin 27 Juli 2020, 27(7/20), 1-3. http://eprints.ums.ac.id/86254/1/1.%20Penerapan%20CERC%20Model%20Dalam%20Krisis%20Komunikas.pdf. Diakses 24 November 2020.
Arodhiskara,Y, dkk. (2020). Pelatihan Literasi Menulis Esai bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Parepare. JPPM, 4, (1), 69-74.
Aufa, M, dkk. (2018). PKU Bagi MI Muhammadiyah Meduro melalui Majalan Dinding Mengasah Kreativitas Menulis dan Gemar Membaca Siswa. Warta LPM, 21 (2), 130-135.
Gillmor, D. (2004). We The Media : Grassroot Journalism By The People For The People. United States : O’Reilly Media Inc.
Ika & Aan. (2015). PC IMM Banyumas Periode 2015-2016 Dilantik. Sang Pencerah.id, 25 Mei https://sangpencerah.id/2015/05/pc-imm-banyumas-periode-2015-2016/. Diakses 25 Juli 2020.
McClain, M. & Roth, J. D. (1999). Writing Great Essays. McGraw-Hill Companies. Inc.
Munazir, A.(2020). IMM Kalah di Rimba Digital. Modernis.co, 22 Januari https://modernis.co/imm-kalah-di-rimba-digital/22/01/2020/. Diakses 25 Juli 2020.
Nashir, H. (2020). Himbauan PP Pemuda Muhammadiyah Tentang Dakwah Literasi Di Media. Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Jakarta.
Nashir, H. (2016). Muhammadiyah : Gerakan modernisme Islam. Tajdida, 14 (1), 1-11.
Novianti, E. (2019). Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
Pangestu, M. (2015). Jaringan Komunikasi di The Piano Institute Surabaya. E-Komunikasi, 3 (2), 1-12.
Quinley, E. (2005). Persuasive Writing. Saddleback Educational Publishing: United States of America.
Stogdill, R. M. (1972). Group productivity, drive, and cohesiveness. Organizational Behavior & Human Performance, 8(1), 26–43. doi:10.1016/0030-5073(72)90035-9..
Santana, S. (2005). Menulis Feature. Pustaka Bani Quraisy: Bandung.
Sakaria & Nojeng, A. (2018). Bahan Ajar Menulis Opini dan Esai dengan Pembelajaran Berbasis Proyek. Retorika, 11 (1), 68-76.
Triyono, A., dkk. (2016). Peningkatan Kapasitas Wartawan Siswa dalam Penerbitan Majalah Sekolah di SMP Muhammadiyah PK AL-Kautsar Kartasura. Warta LPM, 19 (2), 134-140.
Van Fleet, D. D. (1979). The Ralph M. Stogdill Memorial Symposium. Management, 5(2), 124–126. doi:10.1177/014920637900500202
Article Metrics
Abstract view(s): 687 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 404 time(s)