Implementasi Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Engaged Learning dalam Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran
Arti Prihatini(1*), Sugiarti Sugiarti(2)(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran multiliterasi penting dilakukan karena mengintegrasikan beragam sumber belajar sehingga mampu meningkatkan aspek pikiran, perasaan, dan motivasi intrinsik (engaged learning). Berdasarkan observasi dan wawancara di SMP Aisyiyah Boarding School Malang, kegiatan literasi telah dilaksanakan dengan membaca bebas dan mandiri bagi siswa sebelum pembelajaran dimulai, tetapi belum memanfaatkan media pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan multiliterasi siswa dan belum mengintegrasikan motivasi intrinsik dengan aspek pikiran dan perasaan siswa. Berdasarkan hal itu, tim pelaksana mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran multiliterasi berbasis engaged learning, yakni model pembelajaran yang mengintegrasikan aspek kognitif, emosional, dan motivasi intrinsik siswa. Metode dilakukan dalam empat kegiatan, yaitu tahap preparasi, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi sebanyak enam kali pertemuan daring selama dua bulan disertai konsultasi intensif dengan mitra 12 guru SMP Aisyiyah Boarding School Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar pretes dan postes, serta panduan wawancara. Kegiatan dinyatakan berhasil jika 75% peserta mendapatkan skor postes minimal 75. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 14% dari pretes ke postes. Pada pretes, hanya 25% yang skornya minimal 75, tetapi pada postes meningkat menjadi 100%. Secara bertahap, semakin banyak guru yang melaksanakan kegiatan dengan sangat baik (SB) mulai dari tahap preparasi, inkubasi, iluminasi, hingga verifikasi sehingga menghasilkan video pembelajaran berdurasi 10-20 menit, serta RPP. Pembelajaran multiliterasi diimplementasikan dengan memanfaatkan beragam sumber belajar dan stimulasi literasi kritis. Engaged learning diimplementasikan melalui pemanfaatan metode pembelajaran dan pengembangan aktivitas yang mengintegrasikan aspek pikiran, perasaan, dan motivasi intrinsik. Video pembelajaran yang dihasilkan para guru telah diunggah di channel youtube masing-masing dan dimanfaatkan dalam praktik pembelajaran daring.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Mubarok, M. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis web pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMPN 1 Brangsong. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Banna, J., Lin, M. F. G., Stewart, M., & Fialkowski, M. K. (2015). Interaction Matters: Strategies to Promote Engaged Learning in An Online Introductory Nutrition Course. Journal of Online Learning and Teaching/MERLOT, 11(2), 249. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4948751/
Barkley, E. (2010). Student Engagement Techniques. Jossey-Bass.
Cahyani, P. I. (2018). Pengaruh Penggunaan media Pembelajaran Microsoft Power Point terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Ar-Rahim Percut Tahun 2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Cooper, N., Lockyer, L., & Brown, I. (2013). Developing multiliteracies in a technology-mediated environment. Educational Media International, 50(2), 93–107. https://doi.org/10.1080/09523987.2013.795350
Cope, B., & Kalantzis, M. (2013). “Multiliteracies”: New Literacies, New Learning. In Framing Languages and Literacies. Routledge.
Dafit, F., Mustika, D., & Ain, S. Q. (2018). Efektivitas Pembelajaran Multiliterasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Materi Ekosistem. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 181–193. http://dx.doi.org/ 10.32934/jmie.v2i2.71
Daniel, B. (2015). Big Data and analytics in higher education: Opportunities and challenges. British Journal of Educational Technology, 46(5), 904–920. https://doi.org/10.1111/bjet.12230
De Jong, T. (2019). Moving towards engaged learning in STEM domains; there is no simple answer, but clearly a road ahead. Journal of Computer Assisted Learning, 35(2), 153–167.
Dean, K. L., & Wright, S. (2017). Embedding engaged learning in high enrollmentlecture-based classes. Higher Education, 74(4), 651–668. https://doi.org/10.1007/s10734-016-0070-4
Fried, J. (2013). Engaged Learning: Why Feelings Matter. About Campus: Enriching the Student Learning Experience, 18(1), 2–8. https://doi.org/10.1002/abc.21105
Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106
Mirra, N., Morrell, E., & Filipiak, D. (2018). From Digital Consumption to Digital Invention: Toward a New Critical Theory and Practice of Multiliteracies. Theory into Practice, 57(1), 12–19. https://doi.org/10.1080/00405841.2017.1390336
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Prince, M. (2004). Does Active Learning Work ? A Review of the Research. Journal of Engineering Education, 93(July), 223–231.
Rahman, F. A., & Damaianti, V. S. (2019). Model multiliterasi kritis dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 27–34.
Ramdhani, S., Maryam, S., & Komala, E. (2021). The Life Map For Developing Multiliteracies Competence: A Preliminary Study. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana, 1(February), 206–211.
Rifai, A. B., & Setyaningsih, N. H. (2019). Keefektifan Model Multiliterasi Digital dan Model Kreatif-Produktif pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 50–61.
Sari, E. S., Suryaman, M., & Lestyarin, B. (2013). a Model of Multiliteracy in the Indonesian Language and. Litera, 17(2), 1–12.
Sugiarti, S., & Prihatini, A. (2019). Engaged Reading Strategy in Literature Appreciation Learning and Its Implications on Character Education. 1–10. https://doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288407
Supriyono, H., Sujalwo, S., Sapoetra, A., & Rahayu, E. T. (2015). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Bagi Guru Smp Dan Sma Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 18(2), 98–109. https://doi.org/10.23917/warta.v18i2.1949
Susilo, S. V., & Garnisya, G. R. (2018). Penerapan Model Multiliterasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 66–71.
Van de Weghe, R. (2009). Engaged Learning. Corwin.
Wahyudin, D., Sudrajat, R. T., & Mahardika, R. Y. (2020). Pengaruh Multiliterasi terhadap Perkembangan Minat Menulis di Kalangan Mahasiswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(6), 909–914.
Widodo, S., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.
Article Metrics
Abstract view(s): 1297 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 871 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.