Buletin KKN Pendidikan

BULETIN KKN PENDIDIKAN adalah buletin yang mempublikasikan hasil-hasil pengabdian masyarakat, khususnya pengabdian masyarakat berbentuk Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN Dik) yang diterbitkan oleh Pusat Studi KKN Dik FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik  adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di lingkungan masyarakat pendidikan terpencil, untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap masyarakat pendidikan yang memerlukan bantuan pendidikan; (c)  pelatihan dan pengembangan soft skills dan karakter mahasiswa di perguruan tinggi dan/atau peserta didik di sekolah; (d) pelatihan dan pengembangan life-skills mahasiswa di perguruan tinggi dan/atau peserta didik di sekolah; (e) penyiapan kader-kade muda untuk mengembangkan Amal Usaha (khususnya Amal Usaha Muhammadiyah; (f) penyiapan calon pemimpin bangsa yang berpihak kepada kejujuran, keadilan, kebenaran, dan kaum dhuafa; (g) pelatihan-pelatihan mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berkehidupan bermasyarakat dalam konteks Pendidikan, dan; penyiapan lulusan FKIP sebagai inisiator dan pejuang pendidikan.

KKN-Dik tersebut dalam era disrupsi pendidikan ini menjadi sangat berperan karena hakikatnya yang bertujuan untuk (a) memajukan Sekolah (Muhammadiyah) supaya maju; (b) mengunggulkan Sekolah (Muhammadyah) supaya unggul; (c) memberdayakan Sekolah (Muhammadiyah) berdaya saing; (d) mencirikhususkan Sekolah (Muhammadiyah) supaya berciri kuat; dan (e) menjadikan "Rejo" (ramai), "gembira", suatu sekolah yang dipercaya masyarakat, yang bermuara pada muridnya yang melimpah.
Program dan jenis kegiatan KKN-Dik tersebut antara lain dapat berupa pemberdayaan, pengembangan, pendidikan, pelatihan, pendampingan, penguatan, pelestarian, revitalisasi, penumbuhan, dan upaya inovatif lainnya yang bertumpu pada kemandirian masyarakat pendidikan.

Buletin KKN Dik terbit dua kali dalam setahun. Periode Juli dan Desember. Buletin KKN Dik mengundang penulis, pelaksana, dan/atau inisiator pengabdian untuk berkontribusi pada buletin ini sebagai sumbangan berbagi pengalaman pendidikan dalam memajukan pendidikan dalam konteks perubahan pendidikan.


IDENTITAS JURNAL

Nama Jurnal

:

Buletin KKN Pendidikan

Nomor e-ISSN

:

2716-0327

Publisher

:

Muhammadiyah University Press

Alamat Editorial

:

Jl. A. Yani 1 Pabelan Kartasura Surakarta 57162 INDONESIA

Telp

:

(0271) 717417 Eks. 2197 | 2130

Email

:

fkip@ums.ac.id

Terbitan Pertama

:

2019


Vol 1, No. 1, Juli 2019

Table of Contents

Articles

Hari Kusmanto, Rohmad Darmawan, Bella Kisnaria, Yulianto Bambang Setiyadi
PDF
Kiky Rizki Adi Kurniawan, Nizar Latif, Rahmat Riandi Suparno, Anis Oktaviani, Alfira Fiska Zharifa, Safitri Zuliana Aryanti
PDF
Alyza Satria Alfarisi, Farras Astri Firdayani, Anita Ayu Safitri, Fifin Ariyanti, Arga Bagus Handi Pradana
PDF
Sura Ichsanul Yusri Ima Nugrah Aini, Bayu Arditya Firdiansyah, Desta Desta, Farditia Dora Tamarani, Vera Septi Sistiasih
PDF
Ikrama Prasetya, Elmira Tita Ulima, Ira Dwi Jayanti, Septia Gendis Pangestu, Riska Anggraeni, Sri Arfiah
PDF