NOTICE
Kami informasikan kepada seluruh penulis bahwa jurnal Buletin KKN Pendidikan bahwa mulai terbitan Vol. 6, No. 2, Desember 2024 mengalami perpindahan dari platform OJS 2 ke OJS 3 dengan fitur yang lebih lengkap. Perubahan ini juga disertai dengan perubahan alamat pada jurnal menjadi:
https://journals2.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada penulis yang telah mengirimkan artikel melalui OJS lama (baik yang sudah direview maupun yang belum) untuk melakukan submit ulang artikel pada OJS yang baru melalui alamat yang tertera di atas.
Bagi penulis yang artikelnya telah memasuki proses review, kami mohon untuk mengunggah catatan review dan artikel yang telah direvisi sesuai dengan hasil review ke OJS yang baru.
Salam hormat,
Tim Redaksi Buletin KKN Pendidikan
BULETIN KKN PENDIDIKAN (Buletin KKNDik) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat bidang pendidikan dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) bekerja sama dengan Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA). Tujuan buletin ini adalah untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan temuan dan rekomendasi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan masyarakat sasaran pendidikan lainnya. Buletin ini memfokuskan kajiannya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan-pelatihan, seperti: pendidikan masyarakat, pendidikan komunitas, pendidikan perintis, pendidikan tematik, sekolah penggerak, kampus mengajar, dan/atau pengembangan serta rekayasa pendidikan lainnya baik di lingkungan masyarakat pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan global. Buletin ini secara spesifik memfokuskan kajiannya pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks pendidikan, seperti:
Tujuan buletin untuk adalah untuk memberdayakan, mengembangkan, menguatkan, melatih, mengedukasi, mengisisiasi, melaksanakan perintisan, menumbuhkembangkan, membudayakan, membudidayakan, merevitalisasi, mengentaskan, meningkatkan, menyiapkan, membentuk, menerapkan, mengakselerasi, dan/atau mengaktualisasikan proses dan luaran kegiatan pengabdian masyarakat dalam konteks konteks pendidikan luas atau MBKM. Submit artikel hasil pengabdian Anda melalui our online system! Petunjuk penulisan mengacu ke Author Guidelines, tambahkan Copyright Transfer Agreement (CTA) (unduh CTA here) and Declaration of Originallity (DoO) (download the DoO Form here). Gunakan sistem sitasi elektronik dengan software seperti Mendeley, Zotero, atau software elektronik lainnya. Buletin ini sudah terindeks dan abstrak pada sejumlah indeksasi database: Google Scholar | Garuda | Crossref | ROAD | BASE | Dimension | |
| Journal Name | : | Buletin KKN Pendidikan |
| Journal Abreviation | : | BKKNDik |
| ISSN Online | : | 2716-0327 |
| Managed by | : | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Publisheed by | : | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
| Address | : | Jalan Ahmad Yani Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah Indonesia 57162 |
| Telp | : | (0271) 717417 Eks. 2197 | 2130 |
| : | buletinkkndik@ums.ac.id | |
| First Published | : | 2019 |
| Publishing Period | : | Juli & Desember (2019-2021) |
| : | Juni & Desember (Start 2022) | |
| Akreditasi | : | Sinta 4 | Vol. 1, No. 1, 2019 s.d. Vol. 5, No. 2, 2023 |
Vol. 6, No. 1, Juni 2024
Table of Contents
Articles
Aulia Maulida Fayza
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nur Amalia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ratnasari Dyah Utami
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Eko Purnomo
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Mahesa Maulana
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar, Indonesia |
1-19
|
|
Dyan Permata Ratri
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhroji Muhroji
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Harun Joko Prayitno
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhammad Syahriandi Adhantoro
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Chandra Anugrah Putra
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Indonesia |
20-32
|
|
Vendra Oktareno Ardiansya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Minsih Minsih
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Santosa Pradana Putra Setya Negara
Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia,
Nanang Sri Mujiono
Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia |
33-46
|
|
Khairul Khuluq
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sukartono Sukartono
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ayu Veranita
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Sampit, Indonesia,
Iin Ariyati
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia |
47-60
|
|
|
Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
Nabila Habibah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhammad Abduh
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Hendri Hendri
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Indonesia,
Muhammad Nizaar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia |
61-75
|
|
Agam Akhmad Syaukani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Eko Sudarmanto
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhad Fatoni
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Vera Septi Sistiasih
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ahmad Sulaiman
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia,
Ika Yulianingsih
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia |
76-85
|
|
Akhmad Tegar Rifai
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nur Amalia
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Tiara Indah
Faculty of Communication and Business, Universitas Muhammadiyah Karanganyar, Indonesia,
Muhammad Zulfi Ifani
Faculty of Social Sciences and Humanities, Universitas Muhammadiyah Klaten, Indonesia |
86-96
|
|
Salsabila Khoirunisa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhroji Muhroji
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Riyani Wulandari
Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Surakarta, Indonesia,
Anggia Suci Pratiwi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia |
97-109
|
|
Minsih Minsih
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Rusnilawati Rusnilawati
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Imam Mujahid
Fakultas Ushuluddin Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia,
Honest Ummi Kaltsum
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ummi Tadzkiroh
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Alifah Raisia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Uslan Uslan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia,
Endang Triwahyuni
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia |
110-118
|
















Aulia Maulida Fayza
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
