Buletin KKN Pendidikan

Buletin KKN Pendidikan

BULETIN KKN PENDIDIKAN (Buletin KKNDik) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat bidang pendidikan dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) bekerja sama dengan Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA).

Tujuan buletin ini adalah untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan temuan dan rekomendasi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan masyarakat sasaran pendidikan lainnya.

Buletin ini memfokuskan kajiannya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan-pelatihan, seperti: pendidikan masyarakat, pendidikan komunitas, pendidikan perintis, pendidikan tematik, sekolah penggerak, kampus mengajar, dan/atau pengembangan serta rekayasa pendidikan lainnya baik di lingkungan masyarakat pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan global.

Buletin ini secara spesifik memfokuskan kajiannya pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks pendidikan, seperti:

  • Penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk menyelesaikan berbagai persamasalahan pendidikan yang ada dalam dunia pendidikan;
  • Pengembangan pendidikan komunitas di lingkungan komunitas pendidikan masyarakat tertentu;
  • Penguatan kepekaan dan kepedulian komunitas pendidikan yang membutuhkan bantuan pendidikan;
  • Pelatihan dan pengembangan soft skill dan pendidikan karakter untuk siswa atau sekolah;
  • Pengembangan dan pembudayaan kecakapan hidup di masyarakat;
  • Pemberdayaan dan penumbuhkembangan pemuda untuk mengembangkan amal usaha dan rintisan kewirausahaan;
  • Pelatihan dan pengembangan kepemimpinan pendidikan pada era komunikasi dan komputasi global;
  • Pelatihan siswa dalam mengembangkan kemampuan hidup bermasyarakat dalam konteks pendidikan,Perintisan pendidikan di daerah 4T (Terpencil, Terdepan, Terluar, Terisolasi), dan;
  • Penyiapan kompetensi lulusan LPTK PTMA sebagai pemrakarsa, pejuang, dan penggerak pendidikan dalam konteks pendidikan global. 

Tujuan buletin untuk adalah untuk memberdayakan, mengembangkan, menguatkan, melatih, mengedukasi, mengisisiasi, melaksanakan perintisan, menumbuhkembangkan, membudayakan, membudidayakan, merevitalisasi, mengentaskan, meningkatkan, menyiapkan, membentuk, menerapkan, mengakselerasi, dan/atau mengaktualisasikan proses dan luaran kegiatan pengabdian masyarakat dalam konteks konteks pendidikan luas atau MBKM.

Submit artikel hasil pengabdian Anda melalui our online system! Petunjuk penulisan mengacu ke Author Guidelines, tambahkan Copyright Transfer Agreement (CTA) (unduh CTA here) and Declaration of Originallity (DoO) (download the DoO Form here). Gunakan sistem sitasi elektronik dengan software seperti Mendeley, Zotero, atau software elektronik lainnya.

Buletin ini sudah terindeks dan abstrak pada sejumlah indeksasi database: Google Scholar | Garuda Crossref | ROAD BASE Indonesia One Search | Dimension | 


Journal Name:Buletin KKN Pendidikan
Journal Abreviation:Buletin KKNDik
ISSN Online:2716-0327
Publisher:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Address:Jalan Ahmad Yani Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah Indonesia 57162
Telp:(0271) 717417 Eks. 2197 | 2130
Email:buletinkkndik@ums.ac.id
First Published:2019
Publishing Period:Juli & Desember

Vol. 3, No. 1, Juli 2021

Table of Contents

Articles

Cemy Nur Fitria Google Scholar  Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Hardika Dwi Hermawan Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ika Candra Sayekti Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Karunia Dwi Selfia   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Adilah Azra   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ipin Prasojo Google Scholar  Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
1-10
Ardhana Januar Mahardhani Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia,
Harun Joko Prayitno Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Miftakhul Huda Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Endang Fauziati Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nurul Aisah   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Aditiya Dwi Prasetiyo   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
11-22
Shandy Novilya Purwanti   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Aditya Nurcahyo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Koesoemo Ratih Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Hendra Supriyadi   Politeknik Muhammadiyah Tegal, Indonesia
PDF
23-32
Ihwan Ihwan Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia,
Nurdiyah Lestari Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia,
Fauziah Wulansari   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Wulansari Wulansari   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Miftakhul Khasanah   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
33-44
Muhammad Fahmi Johan Syah Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nur Amalia Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sri Budi Utami   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ninda Dwi Astuti   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhammad Rohmadi Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
45-53
Djalal Fuadi Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sofyan Anif Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Kharina Cahya Muliasari Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Tuti Rahmawati   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Dian Lestari   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Weni Hastuti Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
54-62
Yakub Nasucha Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Anam Sutopo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ahmad Ahmad   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP Muhammadiyah Blora, Indonesia,
Fatmawati Fatmawati   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Tina Indri Astuti   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Asti Mrihatini   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
63-73
Devi Kurnia Khikmawati   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Rafi Alfian   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Abdylla Adhiyasa Nugroho   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Agus Susilo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Rusnoto Rusnoto   Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia, Indonesia,
Noor Cholifah   Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia, Indonesia
PDF
74-82
Nurhidayat Nurhidayat Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sri Katoningsih Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ratnasari Diah Utami Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Windri Maryana   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Naufal Ishartono Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Yasir Sidiq Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Dwega Irfadhila   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Heri Siswanto Google Scholar  Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
83-90
Wibowo Heru Prasetiyo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Gilang Pambudi Adi Wijaya   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Rizky Fathur Rachman   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Marisa Zakiyya Amini   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Elly Jati Wijaya   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Dwi Laras Ati   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Anis Prabowo Google Scholar  Fakultas Ilmu Kesehatan, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
91-99
Yunita Mandasari   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ahmad Ahmad   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP Muhammadiyah Blora, Indonesia,
Nanda Yulianti   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Main Sufanti Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Laili Etika Rahmawati Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
100-106