Buletin KKN Pendidikan

Buletin KKN Pendidikan

BULETIN KKN PENDIDIKAN (Buletin KKNDik) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat bidang pendidikan dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) bekerja sama dengan Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA).

Tujuan buletin ini adalah untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan temuan dan rekomendasi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan masyarakat sasaran pendidikan lainnya.

Buletin ini memfokuskan kajiannya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan-pelatihan, seperti: pendidikan masyarakat, pendidikan komunitas, pendidikan perintis, pendidikan tematik, sekolah penggerak, kampus mengajar, dan/atau pengembangan serta rekayasa pendidikan lainnya baik di lingkungan masyarakat pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan global.

Buletin ini secara spesifik memfokuskan kajiannya pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks pendidikan, seperti:

  • Penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk menyelesaikan berbagai persamasalahan pendidikan yang ada dalam dunia pendidikan;
  • Pengembangan pendidikan komunitas di lingkungan komunitas pendidikan masyarakat tertentu;
  • Penguatan kepekaan dan kepedulian komunitas pendidikan yang membutuhkan bantuan pendidikan;
  • Pelatihan dan pengembangan soft skill dan pendidikan karakter untuk siswa atau sekolah;
  • Pengembangan dan pembudayaan kecakapan hidup di masyarakat;
  • Pemberdayaan dan penumbuhkembangan pemuda untuk mengembangkan amal usaha dan rintisan kewirausahaan;
  • Pelatihan dan pengembangan kepemimpinan pendidikan pada era komunikasi dan komputasi global;
  • Pelatihan siswa dalam mengembangkan kemampuan hidup bermasyarakat dalam konteks pendidikan,Perintisan pendidikan di daerah 4T (Terpencil, Terdepan, Terluar, Terisolasi), dan;
  • Penyiapan kompetensi lulusan LPTK PTMA sebagai pemrakarsa, pejuang, dan penggerak pendidikan dalam konteks pendidikan global. 

Tujuan buletin untuk adalah untuk memberdayakan, mengembangkan, menguatkan, melatih, mengedukasi, mengisisiasi, melaksanakan perintisan, menumbuhkembangkan, membudayakan, membudidayakan, merevitalisasi, mengentaskan, meningkatkan, menyiapkan, membentuk, menerapkan, mengakselerasi, dan/atau mengaktualisasikan proses dan luaran kegiatan pengabdian masyarakat dalam konteks konteks pendidikan luas atau MBKM.

Submit artikel hasil pengabdian Anda melalui our online system! Petunjuk penulisan mengacu ke Author Guidelines, tambahkan Copyright Transfer Agreement (CTA) (unduh CTA here) and Declaration of Originallity (DoO) (download the DoO Form here). Gunakan sistem sitasi elektronik dengan software seperti Mendeley, Zotero, atau software elektronik lainnya.

Buletin ini sudah terindeks dan abstrak pada sejumlah indeksasi database: Google Scholar | Garuda Crossref | ROAD BASE Indonesia One Search | Dimension | 


Journal Name:Buletin KKN Pendidikan
Journal Abreviation:Buletin KKNDik
ISSN Online:2716-0327
Publisher:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Address:Jalan Ahmad Yani Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah Indonesia 57162
Telp:(0271) 717417 Eks. 2197 | 2130
Email:buletinkkndik@ums.ac.id
First Published:2019
Publishing Period:Juli & Desember
Akreditasi:Sinta 4

Vol. 3, No. 2, Desember 2021

Table of Contents

Articles

Muhammad Anthori   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ludiya Yayang Mirana   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhammad Fahmi Johan Syah Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Endang Fauziati Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Muhibuddin Fadhli Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia,
Eny Pemilu Kusparlina Google Scholar  Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia
PDF
107-116
Jeni Nur Cahyati   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Febri Setiani   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Suharyanto Suharyanto   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Husna Imro’atush Sholiha Google Scholar  STKIP Muhammadiyah Blora, Indonesia,
Giyoto Giyoto Google Scholar  Fakultas Adab dan Bahasa, Universitas Raden Mas Said Surakarta, Indonesia, Indonesia
PDF
117-126
Adelliana Dini Timikasari   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nur Antiasari   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Yunus Aris Wibowo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Munaaya Fitriyya Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
127-134
Kani Rahmawanti   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sri Sundari   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sutama Sutama Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Naufal Ishartono Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Mohammad Waluyo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ilham Sunaryo   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Aditya Nur Cahyo Google Scholar  Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Aisyiyah Surakarta, Indonesia, Indonesia
PDF
135-143
Aida Nuzul Umi Hanifah   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Chozainil Ardlil Haq   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Suranto Suranto Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Agus Susilo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Almuntaqo Zainuddin Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Indri Khoirunnisa   Fakultas Ilmu Tarbiyah, Universitas Raden Mas Said Surakarta, Indonesia, Indonesia
PDF
144-151
Diah Bekti Anggraeni   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Widyastuti Widyastuti   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Fitri Puji Rahmawati Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Madya Giri Aditama Google Scholar  STKIP Muhammadiyah Batang, Indonesia
PDF
152-160
Fitri Wahyu Ningrum   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Awalia Nurheni   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Siti Aulia Umami   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Main Sufanti Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Rohmadi Rohmadi Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
PDF
161-168
Niken Thalia Ayupradani   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Laely Nor Sofiyana   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Miftakhul Huda Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Yakub Nasucha Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Heri Siswanto   Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
169-173
Anam Sutopo Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Siti Zuhriyah Ariyatmi   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Tumiyem Tumiyem   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Isnaeni Sofiana   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Harun Joko Prayitno Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Kusuma Wijayanto Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Indonesia,
Choirun Nisa   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
PDF
174-183
Dwi Jayanti   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Jelita Intan Septiani   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ika Candra Sayekti Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Ipin Prasojo Google Scholar  Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Irma Yuliana Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
PDF
184-193
Andari Tri Suryawati   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Siti Nuraini   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Sofyan Anif Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Yasir Sidiq Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Trikinasih Handayani Google Scholar  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia,
Septinawati Septinawati   Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
PDF
194-201