Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten

Puspita Indra Wardhani(1), Agusta Aulia Urrochman(2*), Anisa Nur Alimah(3), Ida Fatmawati(4), Ika Rifngatin(5), Nur Baiti Sukma Dewi(6), Rizki Hendrawan Wibisono(7), Rossy Andriani(8), Sendy Pratiwi(9)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kreativitas anak tidak didapatkan sejak peserta didik lahir, namun kreativitas anak dapat dikembangkan melalui sebuah kegiatan atau pelatihan yang terbimbing. Meningkatkan kreativitas pada siswa sebagai suatu upaya untuk mengembangkan keterampilan dan memacu rasa ingin tahu anak. Peran Pendidikan formal di sekolah cukup besar dalam hal ini, dimana sekolah menjadi sarana pengembangan kreativitas anak yang tentunya tidak lepas dari peran pendidik. Oleh karena itu, pendidik berperan penting dalam pengembangan keterampilan siswa MIM PEPE dalam berkreativitas, didukung dan dikelola dengan baik. Hal ini dapat dicapai jika siswa dan guru dapat berkolaborasi secara baik untuk mencapai suatu tujuan yang dirancang bersama. Data menunjukkan bahwa banyak siswa MIM PEPE yang belum semua dapat mengembangkan kreativitas dan skillnya. Faktor utama yang mendorong keberanian siswa untuk meningkatkan kreativitasnya adalah bimbingan guru dan fasilitas yang memadai untuk pengembangan siswa. Rasa percaya diri pada siswa dalam meningkatkan skill personalnya merupakan tanggung jawab siswa itu sendiri dan tentunya didampingi oleh peran guru. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengembangkan kreativitasnya. Subjek dalam pengabdian yaitu siswa kelas 1, 2 dan 3. Adapun objek pengabdiannya adalah kemampuan kreativitas peserta didik. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat berkembang disertai dengan peran guru.

Keywords

kemampuan; kreativitas; percaya diri

Full Text:

PDF

References

Boakes, N. J. (2009). Origami Instruction in The Middle School Mathematics Classroom: Its Impact on Spatial Visualization and Gemetry Kwnoledge of Students. RMLE Online. 32 (7). 1-12.

Gur, H & Demir, M. K. (2017). Geometry Teaching via Origami: The Views of Secondary Mathematics Teacher Trainees. Journa; of Education and Practice. 8 (15). 65-71.

Karmachela, H. (2008). Seni Origami.

Leoniya. (2013). Pengembangan Kreativitas Seni Mewarnai Melalui Terapi Menggambar Pada Anak Tk. Https://leoniya.wordpress.com/2013/11/09/233.

Maya, H. (2010). Kreasi origami favorit. Jakarta: Kawan Pustaka.

Narimo, S., Maryadi, M., Fatoni, A., Anif, S., Sumardjoko, B., & Adhantoro, M. S. (2018, November). Pancasila and Citizens Education (PKn) Learning Based on Local Culture in The Establishment of Student Characters. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 255-260).

Pradipta, R. F & Dewantoro, D. A. (2019). Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation. 5(5). 531-545.

Pribadi, T., Elsanti, D., & Yulianto, A. (2018). Reduction of Anxiety in Children Facing Hospitalization by Play Therapy: Origami and Puzzle in Lampung-Indonesia. Malahayati International Journal of Nursing and Health Science. 1(1). 29-35.

Puspitaningrum, D. A., Fitriyah, C. Z., Nurdianasari, N., Finali, Z., & Ningsih, Y. F. (2019). Educative Game Tools with Origami Media for Increasing Creativity of Class Children in Elementary School. International Journal of Scientific & Technology Research. 8 (9). 1923-1925.

Rhodes, M. (1961). An Analysis of Creativity. Phi Delta Kappa International, 42(7). 305-310.

Rogers, M. E. (1962). Diffusion of Innovations. New York: Free Press of Glencoe.

Saputo, Dimas. (2018). Efektivitas Terapi Kalgrafi untuk Menurunkan Gangguan Adiksi Game Onlne Pokemon Gi pada Siswa SMP Islam Al-Kautsar Semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Setiawati, W. (2019). Increasing Creativity of Early Childhood Through Origami Playing Activities. Jurnal Empowerment. 8(1). 81-89.

Smith, M. K. (1996). Fostering creativity in the early childhood classroom. Early Childhood Education Journal, 24 (2), 77-82.

Sternberg, R. J. (1988). A three-facet model of creativity. In R. J. Sternberg (Ed.), The nature of creativity: Contemporary psychological perspectives (125–147). Cambridge University Press.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Yates, E & Twigg, E. (2017). Developing creativity in early childhood studies students. Thinking Skills and Creativity, (23) 42-57.

Article Metrics

Abstract view(s): 489 time(s)
PDF: 736 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.