Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali

Rita Pramujiyanti Khotimah(1*), Donny Suryo Putro(2), Ginanjar Wahyu Utomo(3), Anisa Fera Hidayah(4), Nurul Endah Astriyanti(5), Yusti Ratna Sari(6), Tiara Risti Alfanani(7), Heny Tri Muthmainnah(8), Mazliza Mazliza(9), Zakiah Zakiah(10)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kejujuran merupakan salah satu karakter yang penting ditanamkan semenjak dini pada siswa. Melalui kejujuran  diharapkan bisa dihasilkan siswa yang cerdas tidak hanya secara intelektual, namun juga cerdas secara moral. Program ini bertujuan untuk menanamkan karakter kejujuran melalui kantin anti korupsi pada siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Metode pelaksanaan program melalui penyuluhan dan pendampingan. Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa nilai nilai karakter kejujuran siswa yang diinternalisasikan dalam kantin anti korupsi di SD/ MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali telah tertanamkan dengan baik. Siswa sudah  menunjukkan sikap jujur, disiplin dan mandiri dalam program kantin anti korupsi. Keberadaan kantin anti korupsi dengan teknik pelayanan self-service system dapat dijadikan sebagai media yang baik dalam penanaman karakter kejujuran siswa karena bisa melahirkan sikap dan tindakan siswa yang positif.

Keywords

karakter; kejujuran; kantin anti korupsi

Full Text:

PDF

References

Al Habib, M. (2013). Kantin Kejujuran Sebagai Sarana Pembinaan Akhlak Siswa Desa Tamiajeng, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Alfurkan, & Marzuki. (2020). Penguatan Nilai Kejujuran melalui Pendidikan Antikorupsi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 221–231. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p221-231

Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.130

Atika, N. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Kantin Kejujuran Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di SDN 114 Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).

Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter.

Fitriansyah, R., Fatinah, L., & Syahril, M. (2020). Critical Review: Professional Development Programs to Face Open Educational Resources in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 109–119. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9662

Martanti, F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Media Kantin Kejujuran di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang. SOSIO DIALEKTIKA- Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora, 2(1), 43–56.

Murdiono, M. (2016). Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9910

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawa, J. A., Triutami, A., Intansari, A., … Suistri. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa. 1(2), 35–41. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter (Ketiga; A. Kamsyach, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Putri, N., & Wardani, K. (2019). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan , Sragen. 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774

Undang-Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (2002). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7990-1

Article Metrics

Abstract view(s): 1349 time(s)
PDF: 963 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.