Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen

Adyana Sunanda(1), Inas Aulia Salma(2*), Yudi Setyo Nugroho(3), Kharisa Matori Aulia(4), Riefki Yusri Wilartono(5), Deasy Farisa(6), Eny Susilowati(7), Hanifah Kusumaningrum(8), Nurrul Hidayati Puspitasari(9), Zulhani Imaduddin(10)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anak-anak cenderung lebih suka bermain-main dengan telepon pintar ketimbang membaca buku, padahal buku merupakan jendela dunia. Dimana melalui buku, kita dapat mengetahui banyak informasi di dunia luar. Memang tak dapat dipungkiri sekolah pun saat ini menggunakan telepon pintar dalam pembelajaran, namun peranan buku tentu tak dapat dilupakan begitu saja. Anak-anak saat ini menjadi asing dengan buku karena adanya hal tersebut. Penulis ingin menghidupkan kembali budaya literasi melalui revitalisasi perpustakaan. Revitalisasi perpustakaan dilakukan di MI Muhammadiyah Jambangan. Revitalisasi ini menggunakan metode difusi ipteks. Difusi ipteks yang dimaksud ialah membangun kembali perpustakaan MI Muhammadiyah Jambangan yang telah lama tidak aktif agar dapat memberikan manfaat bagi peserta didik khususnya dan warga sekolah pada umumnya. Perpustakaan MI Muhammadiyah Jambangan didukung dengan buku penunjang seperti buku pelajaran, cerita atau buku lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Dengan adanya sarana dan prasarana tersebut, kegiatan membaca di perpustakaan menjadi lebih menyenangkan. Peserta didik sangat antusias dengan adanya perpustakaan ini. Setiap hari selalu ada peserta didik yang berkunjung ke perpustakaan untuk sekedar membaca buku. Hal ini tentu dapat mempengaruhi peningkatan minat baca peserta didik di MI Muhammadiyah Jambangan. Peningkatan minat baca diperlukan agar peserta didik mampu menyerap pengetahuan sebanyak-banyaknya sehingga mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Keywords

minat baca; perpustakaan; revitalisasi

Full Text:

PDF

References

Anawati, S. (2016). Peran Perpustakaan dalam Mem-bangun Citra Perpustakaan di Era Teknologi Infor-masi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 2(1), 154–162.

Aulawi, M. B. (2012). Optimalisasi Layanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pustakalo-ka, 4(1), 117–127.

Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Per-pustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository UNJA, 1–9.

Irianto, Putri Oviolanda dan Lifia Yola Febrianti. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Mu-da dalam Menghadapi MEA". The 1 st Education and Language International Conference Proceed-ings Center for International Language Develop-ment of Unissula.

Istiana, P. (2016). Gaya belajar dan perilaku digital native terhadap teknologi digital dan perpustakaan. In Prosiding Seminar Nasional: SLiMS Commeet West Java 2016 “Senayan Library Management System Community Meet Up West Java (pp. 343–350). Bandung: Unpad Press. Retrieved from https://repository.ugm.ac.id/139214/1/Proceeding Seminar SLiMS Commeet West Java 2016 1.pdf

Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 79–95.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi pendukung literasi budaya dan kewargaan: Gerakan literasi nasional. Retrieved November 10, 2018, from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcon-tent/uploads/2017/10/literasiBUDAYA-DAN-KEWARGAAN.pdf

Kirsch, Irwin s. & Ann Jungeblut dalam buku Literacy: Profile of America’s Young Adult (TT). This re-port. No. 16-PL-02. can be ordered from the Na-tional Assessment of Educational Progress at Edu-cational Testing Scrvicc. Roscdale Road. Princeton, New Jersey 0854 1.

Muliyadi, I. (2013). Revitalisasi Peran Stake Holders Per-pustakaan sebagai Upaya Pelestarian Warisan Bu-daya Bangsa dalam Rangka Membangun Kerjasama Perpustakaan di Kawasan Asia Tenggara. Khizanah Al-Hikmah, 1(1), 71–76.

Pratiwi, Anggi dan Eflinnida Nurul Komaril Asyarotin. (2019). " Implementasi literasi budaya dan kewar-gaan sebagai solusi disinformasi pada generasi mil-lennial di Indonesia". Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 7, No. 1, Juni 2019: 65-80.

Prayitno, Harun Joko, dkk. 2018. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) Edisi IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Ramadhan, I. A., Kurnianingsih, I., & Purnamawati, F. (2018). Upaya Revitalisasi Layanan Perpustakaan Sekolah melalui Evaluasi Layanan Perpustakaan Sekolah / Madrasah dan Koleksi Kitab Islam di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah dengan Metode Libqual+TM. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 37–56.

Republika.co.id. Senin, 11 Nopember 2019.

Rohmadi, Muhammad, dan Yakub Nasucha. 2017. Dasar-dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.

Zainuddin, A. (2018). Revitalisasi Perpustakaan ; (Upaya Menjadikan Perpustakaan sebagai Sumber Pembela-jaran di IAIN Sultan Amai Gorontalo). Madani, 1(1), 68–82.

Article Metrics

Abstract view(s): 1503 time(s)
PDF: 1695 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.