APLIKASI PENGENALAN FAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY 360 DERAJAT

Abu Nizar Zulmi

Abstract

Teknologi merupakan aspek yang sangat penting di era modernisasi ini, hampir disetiap lini kehidupan memerlukan bantuan teknologi untuk mempermudah pekerjaan. Melalui teknologi, hampir setiap informasi diseluruh dunia dapat diakses dengan mudah dan cepat. Informasi yang didapat tidak hanya sekedar berbentuk tulisan saja, namun dapat juga dalam bentuk lain seperti foto atau gambar. Salah satu jenis teknologi foto yaitu foto Virtual Reality (VR) 360 derajat, seseorang dapat merasakan seolah-olah ada di dunia nyata melalui teknologi ini. Penulis menggunakan teknologi ini untuk memperkenalkan Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS) kepada mahasiswa yang benar-benar belum mengetahui tempat-tempat yang ada di fakultas mereka sendiri. Penulis membuat aplikasi ini sebagai media interaktif dengan menambahkan suara narasi, mode VR, denah lantai, dan fitur lainnya. Aplikasi berbasis web ini dibuat dengan 2 aplikasi utama yaitu Kolor AutoPano Giga dan Kolor Panotour Giga serta aplikasi pendukung lainnya. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode Luther Sutopo, metode ini memiliki beberapa tahapan yaitu Konsep, Desain, Pengumpulan Data, Pembuatan, Pengujian, dan Distribusi. Berdasarkan hasil pengujian kepada mahasiswa/mahasiswi FKI UMS dapat disimpulkan bahwa rata-rata sebanyak 86,89% responden menyatakan bahwa aplikasi ini dapat bermanfaat dan membantu mengenal lebih dalam tentang FKI UMS.

Keywords

FKI UMS; Foto 360 Derajat; Virtual Reality

References

Daud, Fahri R., Tulenan, V., Najoan, & Xaverius B. N. (2016). Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado. Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol 8, No. 1, hlm. 1-7.

Pudyanto, Aditya Fatkur. (2014). Pemodelan Virtual Reality One Day Service sebagai Media Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta. eprint.ums.ac.id (diakses pada tanggal 08 Maret 2018, pukul 14:06).

Maulana, Much. R., Rusli, C. Y., & Kurniawan, I. (2016). Pemanfaatan Virtual Reality untuk Pengembangan Kios Informasi Objek Wisata D Kota Pekalongan Berbasis Mobile. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, Vol 11, hlm. 23-41.

Hardianti, L., Agus, F., & Suyatno, A. (2014). Pengembangan Website Wisata Kota Samarinda Menggunakan Teknologi Foto VR 360. Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Mulawarman, Vol 9, No. 3, hlm. 38-42.

Zhu, Z., Xu, G., Riseman, E. M., & Hanson, A. R. (2005). Fast Construction of Dynamic and Multi-Resolution 360° Panoramas from Video Sequences. Image & Vision Computing Journal, hlm. 1-33.

Article Metrics

Abstract view(s): 40 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.