KINERJA KARYAWAN DITINJAU DARI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Yusuf Palgunanto, Suparno Suparno, Achmad Dwityanto

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v12i1.1608

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional dengan kinerja karyawan. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara gaya kepemimpinan transformasional dengan kinerja karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan wiraniaga PT. AJB Bumiputera 1912 cabang Salatiga yang berjumlah 43 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah studi populasi, yaitu subjek yang digunakan dalam penelitian diambil keseluruhan dari jumlah populasi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala gaya kepemimpinan transformasional dan data dokumentasi kinerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai korelasi (r) 0.463 dengan p < 0.01 artinya ada hubungan positif yang sangat signifi kan antara gaya kepemimpinan transformasional dengan kinerja. Semakin tinggi gaya kepemimpinan transformasional maka semakin tinggi kinerja. Peranan atau sumbangan efektif gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja sebesar 21.4% yang ditunjukkan oleh nilai koefi sien determinan (r2) sebesar 0.214. Hal ini berarti masih terdapat 78.6% faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja di luar variabel gaya kepemimpinan transformasional.

Full Text:

PDF

References

Handoko T.H. (1988). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Bass, B.M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectation. New York : Free Press.

Brotoharsojo & Wungu. (2003). Tingkatan Kinerja Perusahaan Anda dengan Merit System. Jakarta : PT. Raja Grafi ndo Offset.

Budiningsih & Setiaji. (2001). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Lingkunagn Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kehewanan, Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Wonogiri (1970- 1996): Jurnal Manajemen Dayasaing, 2 : 146-155.

Cahyono, C. H. (1992). Psikologi Kepemimpinan. Surabaya: Usaha Nasional.

Dessler, G. (1998). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Prehallindo.

Haryanto, S. (2002). Evaluasi Faktor-Faktor Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Perusahaan Tekstil Kusumatex Yogyakarta). Thesis (Tidak Dipublikasi- kan). Surakarta : Magister Manajemen Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Harsiwi, A.M. (2003). Artikel : Hubungan Kepemimpinan Transformasional Dan Karakteristik Personal Pemimpin.

Manulang. (1991). Penilaian Kinerja. Ghalia Indah : Jakarta.

Melianawati, Prihantono, S.F.X & Tjahjoanggora, A.J. (2001). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Karyawan. Anima : Indonesian Psychological Journal; 17 : 1, 57-62.

Nawawi, H. (2003). Kepemimpinan Mengefektifkan Orgasnisasi. Yogyakarta : Gajah Mada Uni- versity Press.

Purwanto, B. (2000). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Dengan Komitmen Organisasi. Thesis (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas gajah Mada.

Rivai, Veithzal. (2003). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Raja Grafi ndo Offset.

Rokhman, W. dan Harsono. (2002). Peningkatan Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Ter- hadap Kepemimpinan Transaksional Pada Komitmen Organisasi dan Kepuasan Bawahan, journal Empirika, Volume 11, Nomor 1, Juni 2002).

Simamora, H. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 2. Yogyakarta : STIE YKPN.

Suprihanto J. (1988). Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan, Yogyakarta : BPFE.

Timpe, D. (1992). Kinerja. Jakarta : PT. Gramedia Indonesia.

Utomo, W.K. (2002). Kepemimpinan dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Citizenship (OCB), Kepuasan Kerja dan Perilaku Organisasional (Penelitian Empiris Pada Kabupaten Kebu- men). Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 2, 2 : 34-52.

Kinerja Karyawan Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Transformasional

Article Metrics

Abstract view(s): 700 time(s)
PDF: 313 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.