PERSONAL BRANDING PRABOWO SUBIANTO (ANALISIS ISI KUANTITATIF PERSONAL BRANDING PRABOWO SUBIANTO DI SITUS BERITA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID DAN TEMPO.CO.ID TANGGAL 9 JUNI - 9 JULI 2014)

Hendro Agus Prakoso

DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v7i1.2443

Abstract

Personal branding Prabowo Subianto merupakan identitas pribadi mengenai kualitas dan nilai yang dimiliki oleh Prabowo Subianto yang dapat menciptakan respon emosional terhadap orang lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis isi kuantitatif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mencatat menyeleksi dan mengkode data yang diperlukan sesuai dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan coding sheet yang dibuat berdasarkan kategori-kategori sebelumnya, jumlah data dalam penelitian ini 107 dari Republika.co.id dan 51 berita, dari empo.co.id penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan personal branding terhadap Prabowo Subianto yang dilakukan oleh Republika.co.id dan Tempo.co.id. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis tentang Personal Branding Prabowo dapat disimpulkan secara keseluruhan, bahwa Personal Branding Prabowo Subianto di Republika.co.id dan Tempo.co.id terdapat perbedaan, dapat dilihat dari frekuensi pemberitaan, ragam berita dan sumber
berita kedua media tersebut. Frekuensi berita berjumlah 107 di Republika.co.id dan 51 berita di Tempo.co.id Ragam berita Republika.co.id didominasi konsep Spesialisasi sebesar 22,4% dari 107 berita, sedangkan pada Tempo.co.id didominasi konsep Nama baik sebesar 23,5% dari 51 berita. Sumber berita pada Republika.co.id mayoritas berasal dari Liputan langsung sebesar 42,9% dari 107 berita sedangkan pada Tempo.co.id mayoritas berasal dari Intelektual sebesar 54,9% dari 51 berita.

Full Text:

PDF

References

Biagi, Shirley. 2010. Media Impact Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Eriyanto, 2007. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia

Rampersad, Hubert K. 2008. Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM

Setiawan, Bambang. 2003. Content Analysis: Seri Metodologi Penelitian. Yogyakarta: FISIPOL

UGM.

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia

Article Metrics

Abstract view(s): 476 time(s)
PDF: 351 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.