1 OFFICIAL ACCOUNT SEBAGAI IKLAN DI SNS (MOTIVASI PEMILIHAN OFFICIAL ACCOUNT DI LINE)

Oktavia Eka Firdyasari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Social Networking Sites (SNS) yang menjadi favorit adalah aplikasi instant messenger LINE
yang merupakan aplikasi instant messenger pertama yang memiliki stiker karakter dan official account. Official Account terdiri dari beberapa kategori seperti artis, musik, olahraga, dan brand merupakan iklan yang dihadirkan dalam SNS. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengguna LINE dalam memilih official account dan apa saja faktor – faktor yang memotivasi
pengguna LINE dalam memilih official account. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil
dari penelitian adalah pengguna LINE memilih official account yang sesuai kebutuhan, hobi, kesukaan serta ketertarikan guna mendapatkan kepuasaan yang mereka cari. Sedangkan faktor-faktor
yang memotivasinya adalah ingin merasa lebih dekat dengan sang artis, tidak mau ketinggalan
setiap moment berita sepak bola, ingin selalu menjadi yang pertama mengetahui informasi artis
K-Pop, ingin mengikuti promo lelang dan tebak-tebak berhadiah serta ingin selalu mendapatkan
dan mencoba setiap info dan promo.

Full Text:

PDF

References

Gamble, Michael and Teri Kwal Gamble. 2008. Communication Works Ninth Edition. New York:

McGraw Hill Companies.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group

Lee, Monle & Carla Johnson. 2007. Prinsip–prinsip Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta:

Prenada Media Group.

Moriarty, Sandra dkk. 2011. Advertising. Jakarta : Prenada Media Group.

Morrisan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Jilid I Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Imam Santoso. 2013. “Line Kembangkan Layanan Bisnis di Indonesia pada 2014” (online) (http://

www.antaranews.com). Diakses pada tanggal 8 April 2014 pukul 09.00

Sumartini, 2012. “Sejarah Web 2.0” (online) (www.unpas.ac.id/sejarah-web-2-0/). Diakses pada

tanggal 2 Mei 2014 pukul 10.15

Article Metrics

Abstract view(s): 246 time(s)
PDF: 250 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.