Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Sinektika: Jurnal Arsitektur?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. SINEKTIKA: Jurnal Arsitektur menerima naskah artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu arsitektur yang meliputi art & design, history & human behavior, technology, urban planning dan environment, yang belum pernah dipublikasikan pada media cetak lain.
  2. Naskah harus asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya di jurnal manapun. Substansi naskah artikel berupa hasil penelitian, review/kajian literatur, informasi bidang arsitektur, telaah buku baru terbit (resensi), penelitian, pengabdian masyarakat, obituari (berita kematian beserta karya seorang ilmuan sebagai penghargaan). Naskah merupakan telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini terkait ilmu arsitektur yang tercakup dalam pembidangan SINEKTIKA: Jurnal Arsitektur.
  3. Artikel ditulis dengan huruf calibri 10 pt normal, 1 spasi dan dicetak pada kertas A4 (29,7 cm x 21 cm). Naskah dibuat dalam 2 kolom, jarak antar kolom 0,5 cm. Margin kanan dan kiri masing-masing 2 cm. Margin atas 2 cm dan bawah 2,5 cm. Antara judul bab baru dengan bagian akhir tulisan sebelumnya diberi jarak 1 spasi. Jumlah keseluruhan halaman artikel, termasuk gambar dan tabel maksimal 10 halaman.
  4. iv.     Naskah artikel dapat berbahasa Inggris atau Indonesia. Judul ditulis dengan spesifik dan efektif tidak lebih dari 12 kata. Judul artikel hendaknya informatif, spesifik, ringkas, dan mengandung kata kunci yang mendeskripsikan isi naskah secara keseluruhan. Judul ditulis dengan Calibri font 14 pt bold spasi 1.
  5. Penulis artikel, nama institusi (afiliasi) dan alamat email ditulis pada tempat tersedia, dengan huruf Calibri 10 pt, dan gunakan bold untuk nama penulis, tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Jika penulis lebih dari satu, maka ditulis urut ke bawah, paling atas penulis pertama, dibawahnya penulis kedua, dan seterusnya
  6. Abstrak berisikan permasalahan, tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian serta simpulan. Abstrak terdiri 1 paragraf maksimal 200 kata. Abstrak ditulis dengan Calibri 9 pt.
  7. Kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata, dipisahkan dengan tanda koma, dapat berupa kata majemuk, frasa ataupun idiom.
  8. Penulisan naskah artikel tanpa penomoran angka maupun abjad, namun menggunakan system heading. Sub judul menggunakan huruf capital (UPPERCASE) dibold, anak sub judul/sub sub judul menggunakan Sentences case.
  9. Sistematika naskah jurnal sebagai berikut: (1) Pendahuluan: berisi latar belakang masalah dan tujuan penelitian, (2) Tinjauan pustaka yang relevan dengan permasalahan yang diteliti, (3) Metode penelitian/cara penelitian, (4) Hasil penelitian dan Pembahasan/diskusi, (5) Simpulan dan saran;rekomendasi, (6) Daftar pustaka.
  10. Sistem penulisan kutipan/cuplikan suatu naskah atau literatur menggunakan sistem Harvard. Sumber pustaka dituliskan di dalam uraian hanya terdiri dari nama penulis dan tahun penerbitannya. 
  11. Gambar dan Tabel diletakkan di dalam kelompok teks dan diberi keterangan. Gambar dan tabel diikuti dengan judul gambar yang diletakkan di bawah gambar yang bersangkutan dan judul tabel yang diletakkan di atas tabel yang bersangkutan. Judul gambar dan judul tabel diberi nomor urut. 
  12. Gambar dijamin dapat tercetak dengan jelas walaupun diperkecil sampai 50%. Gambar atau diagram/skema sebaiknya diletakkan di antara kelompok teks. 
  13. Tabel yang ditampilkan tanpa garis vertikal, sedangkan garis horisontal hanya ditampilkan 3 garis horisontal utama yaitu 2 garis horisontal untuk item judul kolom dan garis penutup dari baris paling bawah.
  14. Persamaan atau rumus ditulis rata tengah dan diberi nomor yang ditulis di dalam kurung. Nomor tersebut ditempatkan di akhir margin kanan dari kolomnya.
  15. Format daftar pustaka didasarkan pada APA (American Psychological Association) style. Penulis disarankan menggunakan aplikasi alat referensi seperti Mendeley, Zotero dan sebagainya. Daftar pustaka berisi sumber-sumber yang digunakan sebagai rujukan dalam naskah jurnal hasil penelitian.

xvi. Naskah dapat diserahkan secara langsung pada dewan redaksi atau dikirim melalui email redaksi: jurnalsinektika@ums.ac.id 

xvii. Untuk sitasi dari buku:

Sumalyo, Y. (2006). Arsitektur Masjid dan Monumen Sejarah Muslim (I ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

  1. Untuk sitasi dari prosiding:

Abdou, A. A. (2003). Comparison of The Acoustical Performance of Mosque Geometry Using Computer Model Studies. Eighth International IBPSA Conference, (pp. 39-46). Eindhoven, Netherlands.

  1. Untuk sitasi jurnal dengan satu atau lebih author:

Khabiri, O., Ahmad, M. H., & Kandar, M. Z. (2013). Research Method for Komputer Modelling Study in Mosque Acoustic Design. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 227-233.

  1. Bagian tulisan yang diedit oleh seseorang:

Bjork, R.A.(1988). Retrieval inhibition as an adaptive mechanism in human memory. In H.L. Roediger III & F.I.M. Craik (Eds), Varieties of memory & consciousness (pp. 309-330). Hil-lsdale, NK: Erlbaum.

  1. Untuk sitasi dari laporan atau tesis/disertasi:

Widyatiningsih. (2000). Kajian Karakteristik Arsitektural Bangunan Peninggalan Masa Kolonial Belanda di Bintaran Yogyakarta. Tesis tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana FT UGM.

xxii.Untuk jurnal yang diperoleh dari internet:

VandenBos, G., Knapp, S., & Doe, J. (2001). Role of reference elements in the se-lection of resources by psychology undergraduates [E-lectronic version]. Journal of Bibliographic Research. 5, 117-123.

 

Semiha Yilmazer, V. A. (2018). A grounded theory approach to assess indoor soundscape in historic religius spaces of Anatolian culture: A case study on Haci Bayram Mosque. Building Acoustics, https://doi.org/10.1177/1351010X18763915.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

    1. Artikel ditulis dengan huruf calibri 10 pt normal, 1 spasi dan dicetak pada kertas A4 (29,7 cm x 21 cm). Naskah dibuat dalam 2 kolom, jarak antar kolom 0,5 cm. Margin kanan dan kiri masing-masing 2 cm. Margin atas 2 cm dan bawah 2,5 cm. Antara judul bab baru dengan bagian akhir tulisan sebelumnya diberi jarak 1 spasi. Jumlah keseluruhan halaman artikel, termasuk gambar dan tabel maksimal 10 halaman.
    1. Naskah artikel dapat berbahasa Inggris atau Indonesia. Judul ditulis dengan spesifik dan efektif tidak lebih dari 12 kata. Judul artikel hendaknya informatif, spesifik, ringkas, dan mengandung kata kunci yang mendeskripsikan isi naskah secara keseluruhan. Judul ditulis dengan Calibri font 14 pt bold spasi 1.
    1. Penulis artikel, nama institusi (afiliasi) dan alamat email ditulis pada tempat tersedia, dengan huruf Calibri 10 pt, dan gunakan bold untuk nama penulis, tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Jika penulis lebih dari satu, maka ditulis urut ke bawah, paling atas penulis pertama, dibawahnya penulis kedua, dan seterusnya
    1. Abstrak berisikan permasalahan, tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian serta simpulan. Abstrak terdiri 1 paragraf maksimal 200 kata. Abstrak ditulis dengan Calibri 9 pt. Kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata, dipisahkan dengan tanda koma, dapat berupa kata majemuk, frasa ataupun idiom
    1. Penulisan naskah artikel tanpa penomoran angka maupun abjad, namun menggunakan system heading. Sub judul menggunakan huruf capital (UPPERCASE) dibold, anak sub judul/sub sub judul menggunakan Sentences case.
    1. Sistematika naskah jurnal sebagai berikut: (1) Pendahuluan: berisi latar belakang masalah dan tujuan penelitian, (2) Tinjauan pustaka yang relevan dengan permasalahan yang diteliti, (3) Metode penelitian/cara penelitian, (4) Hasil penelitian dan Pembahasan/diskusi, (5) Simpulan dan saran;rekomendasi, (6) Daftar pustaka.
    1. Sistem penulisan kutipan/cuplikan suatu naskah atau literatur menggunakan sistem Harvard. Sumber pustaka dituliskan di dalam uraian hanya terdiri dari nama penulis dan tahun penerbitannya. 
    1. Gambar dan Tabel diletakkan di dalam kelompok teks dan diberi keterangan. Gambar dan tabel diikuti dengan judul gambar yang diletakkan di bawah gambar yang bersangkutan dan judul tabel yang diletakkan di atas tabel yang bersangkutan. Judul gambar dan judul tabel diberi nomor urut. 

    tansi), (6) Penutup, (7) Daftar Pustaka.

    1. Gambar dijamin dapat tercetak dengan jelas walaupun diperkecil sampai 50%. Gambar atau diagram/skema sebaiknya diletakkan di antara kelompok teks. 

     

    1. Tabel yang ditampilkan tanpa garis vertikal, sedangkan garis horisontal hanya ditampilkan 3 garis horisontal utama yaitu 2 garis horisontal untuk item judul kolom dan garis penutup dari baris paling bawah.
    1. Persamaan atau rumus ditulis rata tengah dan diberi nomor yang ditulis di dalam kurung. Nomor tersebut ditempatkan di akhir margin kanan dari kolomnya.
  1. Format daftar pustaka didasarkan pada APA (American Psychological Association) style. Penulis disarankan menggunakan aplikasi alat referensi seperti Mendeley, Zotero dan sebagainya. Daftar pustaka berisi sumber-sumber yang digunakan sebagai rujukan dalam naskah jurnal hasil penelitian.
    1. Naskah dapat diserahkan secara langsung pada dewan redaksi atau dikirim melalui email redaksi: jurnalsinektika@ums.ac.id 
    1. Untuk sitasi dari buku:

    Sumalyo, Y. (2006). Arsitektur Masjid dan Monumen Sejarah Muslim (I ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

    1. Untuk sitasi dari prosiding:

    Abdou, A. A. (2003). Comparison of The Acoustical Performance of Mosque Geometry Using Computer Model Studies. Eighth International IBPSA Conference, (pp. 39-46). Eindhoven, Netherlands.

    1. Untuk sitasi jurnal dengan satu atau lebih author:

    Khabiri, O., Ahmad, M. H., & Kandar, M. Z. (2013). Research Method for Komputer Modelling Study in Mosque Acoustic Design. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 227-233.

    1. Bagian tulisan yang diedit oleh seseorang:

    Bjork, R.A.(1988). Retrieval inhibition as an adaptive mechanism in human memory. In H.L. Roediger III & F.I.M. Craik (Eds), Varieties of memory & consciousness (pp. 309-330). Hil-lsdale, NK: Erlbaum.

    1. Untuk sitasi dari laporan atau tesis/disertasi:

    Widyatiningsih. (2000). Kajian Karakteristik Arsitektural Bangunan Peninggalan Masa Kolonial Belanda di Bintaran Yogyakarta. Tesis tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana FT UGM.

    1. Untuk jurnal yang diperoleh dari internet:

    VandenBos, G., Knapp, S., & Doe, J. (2001). Role of reference elements in the se-lection of resources by psychology undergraduates [E-lectronic version]. Journal of Bibliographic Research. 5, 117-123.

     

    Semiha Yilmazer, V. A. (2018). A grounded theory approach to assess indoor soundscape in historic religius spaces of Anatolian culture: A case study on Haci Bayram Mosque. Building Acoustics, https://doi.org/10.1177/1351010X18763915.

 

Copyright Notice

Hak cipta artikel dimiliki oleh Jurnal Sinektika

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang digunakan dalam jurnal ini hanya untuk kepentingan jurnal ini dan tidak boleh dipergunakan untuk tujuan lain atau oleh orang lain.