Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Sinektika: Jurnal Arsitektur?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Judul artikel maksimal 12 kata  (Arial 14 Bold).

    Nama Penulis , ditulis tanpa gelar (Arial  11 Bold)

    Abstrak ditulis dalam bahsa Inggris atau Indonesia . Dituangkan secara padat dalam satu paragraf, satu  spasi, terdiri dari 100 - 200 kata (Arial  11  Italic), ditulis pada bagian tengah kertas dengan margin 3 cm  dari tiap sisi samping.

    Kata kunci terdiri dari 3 - 5 kata, tiap kata dipisahkan dengan koma (Arial  11 Bold)

     

  2. Artikel belum pernah dipublikasikan atau dipertimbangkan untuk dimuat di suatu jurnal. File artikel dalam format OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect document.

    Naskah dapat berbentuk artikel ilmiah hasil penelitian , review/kajian literature, informasi bidang  arsitektur, resensi, hasil penelitian, hasil pengabdian masyarakat dan  obituari.

  3. Artikel ditulis dengan huruf Arial  11 normal , 1 (satu) spasi  dan dicetak pada kertas  A4 ( 29,7 cm x  21 cm). Naskah dibuat dalam 2 kolom , jarak antar kolom sebesar 1 cm. Margin kanan dan kiri  masing-masing 2 cm, margijn atas 3 cm dan margin bawah 2,5 cm. Antara judul bab baru dengan bagian akhir tulisan sebelumnya diberi jarak 1 (satu) spasi . Jumlah keseluruhan halaman artikel , termasuk gambar dan tabel sebanyak 10 halaman.
  4. Judul tabel dan keterangan gambar ditulis dengan Arial 10 Bold. Tabel dan gambar diberi nomor  secara urut.Penomoran gambar  dan pemberian keterangan  dilakukan dibawah gambar.Penomoran tabel dan pemberian keterangan dilakukan diatas tabel.
  5. Semua persamaan diberi nomor secara ururt sebagaimana contoh pada persamaan (1)

    2 wy + 5 x = sin         .....................(1)

     

  6. Istilah asing ditulis dengan huruf miring dan harus konsisten untuk seluruh naskah. Lambang (notasi) ditulis sesuai ketentuan keilmuan.
  7. Kutipan daslam naskah dari referensi tertentu ditulis :  ................(Philips, 1995, 60)
  8. SISTIMATIKA

    Penulisan naskah yang dibahas menggunakan sistem tanpa nagka maupun abjad. Secara umum naskah  mempunyai anatomi sebagai berikut :

    Hasil Penelitian

    (1) judul artikel, (2) Nama Penulis dan Alamat, (3) Abstrak dan kata kunci, (4)Pendahuluan, (5) Metode/Cara Penelitian, (6) Hasil Penelitian, (7) Pembahasan, (8) Simpulan dan Saran, (9) Ucapan Terima Kasih (kalau ada), (10) Daftar  Pustaka.

    Non Penelitian

    (1) Judul Artikel, (2) Nama Penulis dan Alamat, (3) Abstrak dan kata kunci, (4) Pendahuluan, (5) Bagian Inti (hal yang dibahas, tergantung substansi), (6) Penutup, (7) Daftar Pustaka.

  9. Daftar pustaka ditulis tanpa nomor dan disusun  urut abjad nama akhir penulis pertama. Hanya pustaka yang diacu dalam naskah yang dicantumkan. Daftar pustaka ditulis satu kolom  dengan urutan Nama, Tahun, Judul , Edisi, Penerbit, Kota, Halaman yang diacu.

     

 

Copyright Notice

Hak cipta artikel dimiliki oleh Jurnal Sinektika

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang digunakan dalam jurnal ini hanya untuk kepentingan jurnal ini dan tidak boleh dipergunakan untuk tujuan lain atau oleh orang lain.