Penerapan Sustainable Design dalam Perancangan Taman Budaya di Kabupaten Klaten

Dwi Setiawan(1*), Dita Ayu Rani Natalia(2)

(1) Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Teknologi Yogyakarta
(2) Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Teknologi Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Klaten merupakan pusat kota dari Pemerintahan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Klaten merupakan salah satu bagian dari Karisidenan Surakarta atau merupakan bagian dari lingkup daerah kekuasaan Kasunanan Surakarta. Posisi Klaten berada di tengah – tengah antara pusat kota Solo dan Yogyakarta, menjadikan Klaten sebagai sebuah kabupaten yang sangat kaya akan potensi kebudayaan daerah. Selain itu Klaten memiliki kalender event setiap tahunnya yang diadakan di beberapa daerah Kabupaten Klaten. Taman Budaya adalah suatu ruang yang memiliki fungsi sebagai wadah kegiatan menggelar berbagai pertunjukan sekaligus tempat berkumpul dan bertemu para seniman dan juga sebagai ajang pengenalan dan pelestarian budaya ke generasi mendatang. Perancangan Taman Budaya diawali pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data primer yaitu berupa wawancara, pengamatan, pemetaan lokasi serta dokumentasi, dan metode pengumpulan data sekunder yaitu berupa data dari instansi yang terkait serta studi literatur terhadap jurnal atau karya ilmiah yang berkaitan.  Pendekatan konsep sustainable design digunakan sebagai usaha penyatuan bangunan dengan prinsip keberlanjutan budaya, yang meliputi keseimbangan social, ekonomi dan lingkungan. Tiga hal ini menjadi dasar agar terwujudnya kenyamanan, integrasi social di dalam maupun luar bangunan serta pengurangan dampak limbah bangunan terhadap lingkungan. Hasil konsep sustainable design diterapkan secara fungsi ruang, tampak bangunan dengan mempertimbangkan struktur dan utilitas bangunan.

Keywords

Klaten, sustainable design, taman budaya

Full Text:

PDF

References

Djamal (2005). Tantangan Lingkungan dan Lansekap hutan kota, Jakarta, Bumi Aksara.

Eppik, Andreas (2013). The Eppik Model and The Psychological Analysis of Culture http://www.environmentalscience.org/sustainability.

Kim, Jong-Jin., Brenda Ringdon (1998). Introduction to Sustainable Design, University Ave, Ann Arbor: National Pollution Prevention Center for Higher Education.

Kurniasih, Sri (2003), Evaluasi Tentang Penerapan Prinsip Berkelanjutan (Sustainable Architecture), Universitas Budi Luhur, Jakarta

McLennan, Jason F. (2004), The Philosophy of Sustainable Design

Nasir,Ratna Y. (2004). Perangkat Penilaian Bangunan Hijau untuk Bangunan Baru Versi 1.3.Jakarta : GREEN BUILDING COUNCIL INDONESIA

http://bliexperience.wordpress.com/2016/02/24/prinsip-pengertian-sustainable-design/

http://www.academi.edu/9308770/pengertian_perancangan_menurut_bin_ladjamudin

http://www.goggle.co.id/amp/s/lutfihutama.wordpress.com/2017/03/02/perencanaandanperancangan-arsitektur/amp

http://www.google.co.id/amp/s/materiips.cm/pengertian-budaya/amp

Article Metrics

Abstract view(s): 1957 time(s)
PDF: 1515 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.