Konsep Healing Environment untuk Mendukung Proses Penyembuhan Pasien Rumah Sakit

Ihsanudin Yusuf Nur Hafidz(1*), Fadhilla Tri Nugrahaini(2)

(1) Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Istilah rumah sakit menyiratkan sebuah harapan sehingga rumah sakit harus menunjang kesembuhan pasien. Bukan hanya melalui faktor medis saja, tetapi juga faktor lain yang perannya sangat penting dalam kesembuhan, yaitu faktor psikologis. Rumah sakit harus mampu mengarahkan pasien pada harapan sehat dan optimisme terhadap kesembuhan. Faktor psikologis ini dapat ditunjang dengan pendekatan lingkungan, yang tujuannya adalah membentuk persepsi melalui hubungan antara pikiran dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan tanggapan pasien terkait dengan kenyamanan suasana rumah sakit saat menjalani perawatan. Metode deskriptif kualitatif dilakukan pada penelitian ini ditunjang dengan studi literatur, wawancara dan kuesioner. Data yang dihasilkan mengarah pada manusia mempunyai keterikatan dengan alam, yang kedekatannya tidak dapat dipisahkan. Hal ini berkaitan dengan teori biophilia yang menjelaskan bahwa manusia mempunyai kecenderungan untuk berafiliasi dengan alam. Alam mempunyai sifat restoratif yang mampu memberikan energi positif terhadap psikologis manusia. Melalui peran penting ini, lingkungan harus mendapatkan porsi besar dalam penerapanya di rumah sakit. Kecenderungan sampel menunjukan bahwa lebih dari 80% atau 92 orang dari 115 orang, memilih suasana yang berhubungan dengan lingkungan alam, karena dirasa lingkungan alam dapat memberikan kenyamanan dan energi positif yang akan berpengaruh baik terhadap kesembuhan psikis pasien.

Keywords

rumah sakit, lingkungan, healing environment, proses kesembuhan.

Full Text:

PDF

References

Afra, Mustika & Nuffida, Nur, Endah. 2017. “Aspek Alam sebagai Bagian Therapeutic Architecture pada Rumah Sakit Ketergantungan Obat”. Jurnal Sains dan Seni ITS Vol. 6 No. 1. Surabaya.

Kurniawati, F. 2007. “Peran Healing Environment terhadap Proses Kesembuhan”. Mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur. Yogyakarta.

Pomerantz, A.M., 2014, Psikologi Klinis. Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, Pauline dkk. 2016. Penerapan Pendekatan Healing Environment pada Rumah Perawatan Paliatif bagi Penderita Kanker, JURNAL INTRA Vol. 4, No. 2 (hlm. 352-360).

Zakiyaturrahmah, A.H., R. Nugroho, L. Pramesti, 2017, Penerapan teori biophilic design dalam strategi perancangan sekolah alam sebagai sarana pendidikan dasar di Karanganyar, Jurnal Arsitektura, Vol. 15, Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Article Metrics

Abstract view(s): 4737 time(s)
PDF: 3523 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.