EKSPLORASI POTENSI FISIK KAWASAN PANTAI JOGAN, PANTAI NGLAMBOR DAN PANTAI SIUNG SEBAGAI KAWASAN WISATA PANTAI

Tendi Eko Saputro, Qomarun Qomarun

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mencari wahana baru wisata pantai di wilayah Yogyakarta yang telah ditetapkan sebagai wilayah KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional). Tujuan utama riset ini adalah untuk menggali potensi dan kelayakan investasi objek wisata pantai yang baru, yaitu pada Pantai Jogan, Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model pendekatan SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat). Pengumpulan data dilakukan dengan survei lapangan, wawancara dan kajian pustaka. Analisis ETOP (Element Threat Opportunity Profile) dan SAP (Strategic Advantage Profile) dilakukan untuk memecahkan permasalahannya. Hasil kajian ini memperlihatkan bahwa ketiga pantai itu mempunyai potensi yang berbeda-beda dan layak untuk dikembangkan menjadi wahana wisata pantai baru di Yogyakarta. Penelitian ini akhirnya merekomendasikan untuk dilakukan tahap penyusunan konsep dan desain arsitektur kawasan pantai. Pantai Jogan mempunyai karakter yang unik, yaitu adanya aliran air yang mengalir dari tebing karang yang langsung jatuh ke bibir pantai, sehingga sering disebut sebagai pantai air terjun. Pantai Nglambor mempunyai pemandangan yang sangat indah, yaitu adanya hamparan pasir putih, pulau karang dan keragaman ikan hias. Sementara itu, Pantai Siung memnpunyai batuan karang yang unik, tebing yang tinggi dan hamparan pasir putih yang luas, sehingga sering disebut sebagai pantai petualang.

Full Text:

PDF

References

Bapeda Gunung Kidul, 2011. Peraturan Daerah Kabupaten Gunung Kidul No. 6/ 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Gunung Kidul, Pemkab GunungKidul,

Gunung Kidul, DIY.

Dahuri, R., 1996. Pengolahan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Terpadu, PT. Pradnya Paramitha, Jakarta.

Ginting, P., 2004. Geografi, Erlangga, Jakarta.

Porter, Michael E., 1980. Competive Strategy, Free Press, London.

PP No. 50/2011. Rencana Induk Pengembangan (RIP) KepariwisataanNasional, Sekretariat

Negara, Jakarta.

Qomarun, 1997. Analisis Strategi Bisnis Properti pada Era Globalisasi di Indonesia(Study Kasus pada PT Jaya Real Property), Tesis IPWI Jakarta, Jakarta.

UU No. 10/2009. Kepariwisataan, Sekretariat Negara, Jakarta.

Yoeti, Oka, 1985. Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa, Jakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 103 time(s)
PDF: 44 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.