Evaluasi Fungsional City Walk Slamet Riyadi berdasarkan Pendekatan Arsitektur Buta

Andika Saputra(1*), Qonitatun Khafidhoh(2)

(1) Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Salah satu ruang terbuka publik di Kota Surakarta yang menjadi pusat kegiatan kalangan tunanetra adalah City Walk Slamet Riyadi, terutama di segmen 3 dan segmen 4. Di tengah tumbuh pesatnya kesadaran terhadap universal design, mengharuskan City Walk Slamet Riyadi memenuhi prinsip, syarat, dan standar arsitektur bagi kalangan pengguna tunanetra yang disebut dengan Arsitektur Buta. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara fungsional City Walk Slamet Riyadi berdasarkan pendekatan Arsitektur Buta yang tertuang dalam Permen PUPR No. 14 tahun 2017 dan menemukenali perilaku adaptasi pengguna dari kalangan tunanetra sebagai tanggapan terhadap kondisi spasial City Walk Slamet Riyadi. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan variabel terikat (1) jalur sirkulasi pedestrian; dan (2) halte, dan Permen PUPR No. 14 tahun 2017 sebagai variabel bebas. Temuan dari kegiatan penelitian ini terdiri dari dua poin. Pertama, kondisi penerapan Arsitektur Buta pada City Walk Slamet Riyadi terdiri dari (1) keterputusan jalur pemandu; (2) ketidaktepatan  jalur pemandu; dan (3) ketidaktepatan fasilitas yang diperuntukkan bagi pengguna tunanetra. Ketiga kondisi tersebut tidak sesuai dengan Permen PUPR No. 14 tahun 2017. Kedua, perilaku adaptasi yang dilakukan pengguna dari kalangan tunanetra meliputi (1) mengandalkan indera pendengaran; (2) mengandalkan alat bantu; (3) mengandalkan ingatan dan pengalaman; dan (4) mengandalkan indera peraba.

Keywords

Arsitektur Buta; evaluasi; adaptasi

Full Text:

PDF

References

Asy’arie. Musa, Manusia Pembentuk Kebudayaan Dalam Alquran, Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam, 1992.

Djumiko, “Fungsi City Walk Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta”, Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, vol. 13, no. 17, 2013.

Downey. Chris, “Design with the Blind in Mind”, www.ted.com, Oktober 2013, diakses pada Desember 2018.

Downey. Chris, “A Conversation with Architect Chris Downey”, American Foundation for the Blind, www.afb.org, 2017, diakses pada Desember 2017.

Iskandar. Zulrizka, Psikologi Lingkungan: Teori dan Konsep, Bandung: PT. Refika Aditama, 2012. KemenPUPR, Permen PUPR No. 14 tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung.

Article Metrics

Abstract view(s): 279 time(s)
PDF: 395 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.