Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Warta LPM?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS

  1. Template artikel sebagaimana terlampir berikut. 
  2. WARTA menerima naskah artikel ilmiah dalam cakupan bidang kajian pengabdian kepada masyarakat dari berbagai macam bidang ilmu, baik sosial maupun sains terapan. yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  3. Substansi naskah artikel dapat berupa artikel hasil pengabdian masyarakat 
  4. Naskah diketik pada kertas A4 dengan margin: atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm. Naskah diketik dengan jarak 1.5 spasi dengan jumlah kata minimal 5.000 kata dalam A4 dengan format two collumns dengan width: 6.5 cm dan spacing: 0.99 cm.
  5. Naskah dapat diserahkan secara langsung pada dewan redaksi atau dikirim melalui email redaksi: warta@ums.ac.id atau melalui register sebagai Author di website OJS ini
  6. Judul artikel berbahasa Indonesia ditulis dengan spesifik dan efektif tidak lebih dari 12 kata sedangkan judul dalam bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Judul artikel hendaknya informatif, spesifik, ringkas, dan mengandung kata kunci yang mendeskripsikan isi naskah secara keseluruhan.
  7. Penulis artikel ditulis dengan huruf Times New Roman 10 pt dan Bold dengan underline tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Jika penulis lebih dari satu, maka diberikan super script nomor yang nanti menunjukkan instansi asal penulis (jika penulis berasal dari instansi yang berbeda-beda).
  8. Nama instansi, alamat, dan kode pos ditulis urut mulai dari penulis pertama dengan huruf Times New Roman 10 dan spasi 1.
  9. Email korespondensi diisi alamat email korespondensi penulis yang aktif.
  10. Abstrak ditulis dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (jika ada). Abstrak terdiri 1 paragraf maksimal 200 kata. Abstrak bukan dalam bentuk ringkasan yang terdiri dari beberapa paragraf namun hanya terdiri dari 1 paragraf yang secara gamblang, utuh, dan lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan meliputi latar belakang (isu-isu pokok), tujuan penelitian, metode/pendekatan penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan.
  11. Kata kunci terdiri atas maksimal 5 kata, dipisahkan dengan tanda koma baik untuk berbahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.
  12. Isi naskah hasil pengabdian ditulis menurut sistematika sebagai berikut: (1) Pendahuluan: berisi latar belakang masalah, analisis situasi, tujuan pengabdian,  tinjauan pustaka yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi mitra (15-20% dari total panjang artikel); (2)Solusi dan target : Pada bagian solusi dan target luaran memuat tentang identifikasi berbagai solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada mitra/masyarakat dengan menuliskan target luaran yang berupa peningkatan kondisi yang lebih baik dari sebelumnya (5-10%). (3) Metode pelaksanaan : berisi paparan dalam bentuk paragraf yang berisi waktu dan tempat kegiatan, rancangan, bahan/subyek kegiatan , prosedur/teknik/ tahapan kegiatan (10-15% dari total panjang artikel); (4) Hasil dan Pembahasan: berisi hasil analisis yang merupakan jawaban dari pertanya-an/permasalahan penelitian sedangkan pembahasan menekankan pada penjelasan kondisi mitra sebelum dan sesudah dilaksanaknnya pengabdian. serta (5) Simpulan, saran, dan rekomendasi: dipaparkan dalam bentuk paragraf pelaksanaan yang merupakan jawaban dari rumusan masalah.(6) Persantunan : berisi ucapan terimakasih kepada pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan yang dibuat dalam bentuk paragraf (bukan numbering).  
  13. Daftar pustaka berisi sumber-sumber yang digunakan sebagai rujukan dalam penelitian. Sumber rujukan minimal 60% dari pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Referensi yang digunakan merupakan sumber primer berupa artikel yang ada dalam jurnal ilmiah atau laporan penelitian (skripsi, tesis, disertasi) dan diutamakan salah satunya merujuk pada artikel jurnal ini. Daftar pustaka ditulis urut abjad dengan font Times New Roman 12, spasi 1, identation special hanging by 0.25” after 12 pt. Kaidah penulisan daftar pustaka mengikuti kaidah APA (American Phsycological Association) sebagai berikut:
  • Untuk sitasi buku
Amri, S. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. PT. Pustaka Karya: Jakarta.
  • Untuk sitasi jurnal dengan satu atau lebih author
Ariani, R.P., I.B.N., Sudria, N.M., Warsiki., Made, M., I.K., Widiadnyana., M., Sudarwati. (2005). Optimalisasi Pembelajaran Kecakapan Hidup Tentang Peningkatan Produksi Pangan pada Siswa Kelas III SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. XXXVIII :922-934.
  • Untuk bagian tulisan yang diedit oleh seseorang
Bjork, R.A.(1988). Retrieval inhibition as an adaptive mechanism in human memory. In H.L. Roediger III & F.I.M. Craik (Eds), Varieties of memory & consciousness (pp. 309-330). Hillsdale, NK: Erlbaum.
  • Untuk sitasi dari laporan atau tesis
Agus, T. (2012). Media dan Konflik Keagamaan. Tesis. Tidak Diterbitkan. Jakarta : FISIP UI.
  • Untuk jurnal yang diperoleh dari internet
VandenBos, G., Knapp, S., & Doe, J. (2001). Role of re-ference elements in the selection of resources by psychology undergraduates [Electronic version]. Journal of Bibliographic Research. 5, 117-123.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan atau dipertimbangkan untuk dimuat di suatu jurnal. 
  2. File artikel dalam format  Microsoft Word maupun RTF. 
  3. Naskah diketik pada kertas A4 dengan margin: atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm. Naskah diketik dengan jarak 1 spasi dengan panjang naskah 10 -15 halaman, dengan kertas A4 dengan format two collumns dengan width: 6.5 cm dan spacing: 0.99 cm
  4. Dalam proses review penulis tidak mengetahui siapa reviewernya.
 

Copyright Notice

Hak cipta artikel dimiliki oleh WARTA.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat yang digunakan dalam jurnal ini hanya untuk kepentingan jurnal ini dan tidak boleh dipergunakan untuk tujuan lain atau oleh orang lain

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Pengiriman naskah dalam Jurnal Warta tidak dipungut biaya. 

 

Article Publication: 0.00 (IDR)

Jika naskah diterima untuk diterbitkan, maka penulis juga tidak akan dipungut biaya untuk penerbitan.