Pengembangan dan Pelatihan Sistem Informasi Pemantau dan Pelaporan Perilaku Siswa MI-MTS Swasta Al-Huda Malang

Khoirudin Asfani(1*), Quota Alief Sias(2), Irawan Dwi Wahyono(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract

Aspek kognitif dan psikomotorik seringkali menjadi fokus utama yang ditingkatkan di banyak sekolah, sementara aspek afektif siswa yang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku siswa sedikit kurang diperhatikan. Di MI Al Huda Malang, siswa tidak hanya dididik untuk menjadi individu yang berkarakter qurani melalui kegiatan ibadah dan muamalah, tetapi juga harus berjiwa pancasilais, serta tanggap dengan perubahan ilmu dan teknologi. Namun, sampai saat ini bentuk penyampaian kondisi sikap dan perilaku siswa masih dilakukan dengan cara konvensional, yaitu melalui surat dan pesan pribadi oleh guru/bagian konseling. Hal ini bisa menjadikan keterlambatan penyampaian dan kemungkinan tidak tersampaikan (surat hilang/ siswa lupa memberikan kepada orang tuanya) sangat besar. Salah satu penyebabnya karena belum terbentuk pemahaman dan keterampilan SDM tentang penggunaan sistem informasi tata tertib siswa ketika hendak diimplementasikan di sekolah MI-MTs Al Huda Malang. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sebuah sistem informasi tata tertib siswa untuk memantau perilaku dan sikap siswa di sekolah, serta sosialisasi dan pelatihan cara pemanfaatan sistem informasi tersebut. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi, memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada guru beserta tenaga pendidik tentang sistem informasi tata tertib siswa untuk memantau sikap dan perilaku siswa saat belajar di sekolah akan dilakukan. Tahapan-tahapan metode PKM yang digunakan adalah: 1) analisis kebutuhan dan situasi; 2) perencanaan dan pengembangan sistem informasi; 3) pengembangan buku pedoman penggunaan sistem informasi; 4) pengenalan dan pelatihan sistem informasi; dan 5) evaluasi hasil pelatihan. Kegiatan PKM ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat diakses secara online sebagai bentuk sarana informasi digital, serta peningkatan keahlian yang dimiliki oleh guru dan tenaga pendidik dalam mengelola dan mengembangkan sistem informasi di MI-MTs Al Huda, Kota Malang. Dengan demikian, diharapkan sikap dan perilaku siswa dapat terpantau dengan efektif dan efisien sehingga berdampak pada perbaikan dan perubahan perilaku siswa yang menjadi semakin lebih baik dan berakhlak.

Keywords

website, sistem informasi, sekolah, pengabdian, pelatihan

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 2012. Madrasah: Kemenag atau Kemdikbud, (Online), (http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita& id=6595), diakses 4 Januari 2019.

Jobe, W. (2013). Native Apps vs. Mobile Web Apps. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 7(4), 27-32.

Kadhim, K. J., Odhaib, M. F., Hadi, Y. H., Ameen, H. M., Muhdi, A. A., Abdlsahib, A. A., & Osman, W. R. Bt S. (2018). Developing a Multi Platforms Web Applications for Mobile Device Using HTML5. Journal of Information Technology & Software Engineering, 8(2), 1-5.

Indrianie, N. S. 2015. Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 126-132.

Maksum. 1999. Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Agama. 1975. Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Murdjito, G. 2012. Metoda Pengabdian Kepada Masyarakat. Makalah disajikan dalam Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat Tahun 2012.

Nirsal. 2011. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas Siswa dalam Belajar Microsoft Word 2003 di Kelas X SMA Negeri 2 Palopo. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi: d’ComPutarE, 1(1), 34-43.

Sintang, M., Lubis, D. P., & Pinem, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui Tutor Sebaya di Jurusan Pendidikan Geografi. Jurnal Tunas Geografi, 6(2), 131-142.

Siregar, H. I. (2016). Pengelolaan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Microsoft Excel di Kelas VIII-D Smp Negeri 1 Batangkuis. Jurnal Handayani, 6(1), 49-60.

Siregar, H. I. (2017). Penggunaan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran TIK di Kelas VIII-D Smp Negeri 1 Batangkuis. Jurnal Sekolah, 1(2), 96-107.

Winkel. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gresindo.

Yusuf. 2001. Pendekatan Keterampilan Bagaimana Mengaktifkan Peserta Didik dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Article Metrics

Abstract view(s): 129 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 60 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.