Memahami Konsep Ilmiah Strategi Belajar Bahasa Ke-dua Sebagai Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru

Endang Fauziati(1*), Karmila Karmila(2), Shakesha Febrisha Shektas(3)

(1) (SINTA ID: 259029) (SCOPUS ID: 57188558465) Department of English Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Guru sebagai tokoh utama dalam proses pendidikan dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi termasuk kompetensi pedagogis. Salah satu kompetensi pedagogis adalah memahami peserta didik yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penyusunan program dan proses belajar mengajar. Salah satu hal terkait dengan peserta didik adalah strategi pembelajaran bahasa ke-dua, yang merupakan fokus pengabdian masyarakat ini. Dari studi awal diperoleh gambaran bahwa rata-rata guru belum menguasai konsep ilmiah tentang strategi belajar bahasa ke-dua secara memadai. Umumnya jawaban para guru masih bersifat volk knowledge. Untuk itu, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan. Dengan pemahaman konseptual ilmiah ini para guru diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran maupun penelitian. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan model workshop melalui aplikasi Zoom dan Schoology. Secara keseluruhan loka karya berjalan lancar. Peserta terlibat secara aktif dalam setiap sesi yang telah direncanakan. Salah satu indikator keberhasilannya adalah peserta mampu menjelaskan strategi belajar bahasa ke-dua (language learning strategy) secara konseptual berdasarakan teori yang relevan. Peserta juga mampu membuat topic penelitian yang relevan. Dari hasil kegiatan ini, disarankan agar program ini dapat dilanjutkan di masa mendatang.

Keywords

Kata kunci: Strategi belajar bahasa ke-dua, kompetensi pedagogik, memahami peserta didik

References

Chamot, A. (2005). Language Learning Strategy Instruction: Current Issues and Research. Annual Review of Applied Linguistics, 25, 112-130.

Ellis, R. (2008). The Study of Second Language Acquisition (2nd ed.). New York: O x f o r d

University Press.

Finch, & Crunkilton. (1992). Curriculum Development in Vocational and Technical Education. Planning, content and implementation (4th ed.) Virginia: Polytechnic Institute and State University

Heidar, D. M. (2012). First Language Acquisition: Psychological Considerations and Epi s t emology. Theory and Practice in Language Studies, 2(2), 411-416.

Hedge, T. (2000). Teaching and Learning in the Language Classroom, Oxford, Oxford University Press.

Heidar, D. M. (2012). First Language Acquisition: Psychological Considerations and Epistemology. Theory and Practice in Language Studies, 2(2), 411-416. doi:10.4304/tpls.2.2.411-416.

O’Malley, J & Chamot, A (1990). Learning Strategies in Second Language Acquisition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Oxford, R. (2002). Language Learning Strategies. In r. Carter, & d. Nunan (eds.), the Cambridge Guide to Teaching English to Speakers of Otherlanguages (pp. 166-172). Cambridge: Cambridge University Press.

Robbins, P. S. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Rubin, J. (1975). What the “Good Language Learner” Can Each Us? TESOL Quarterly, 9, 41-51. https://doi.org/10.2307/3586011

Stern, H. H. (1975). What Can We Learn from the Good Language Learner? Canadian Modern Language Review, 31, 304-318.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Article Metrics

Abstract view(s): 340 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 734 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.