KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SEBAGAI SOLUSI KONFLIK PADA HUBUNGAN REMAJA DAN ORANG TUA DI SMK BATIK 2 SURAKARTA

Rina Sari Kusuma

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.3642

Abstract

Semakin baik komunikasi keluarga, semakin jarang remaja melakukan kenakalan. Efek positifnya adalah remaja merasa ada yang peduli dengan masalah, kehidupan, dan masa depannya. Sebaliknya, semakin jarang komunikasi di dalam keluarga, maka semakin tinggi pulalah remaja melakukan kenakalan. Hal ini terjadi karena keluarga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Keluarga adalah dasar bagi kemanusiaan masyarakat. Remaja yang sering memiliki konflik tak terselesaikan dengan orang tuanya berada pada resiko yang tinggi untuk melakukan kenakalan. Adanya konflik di dalam keluarga membuat remaja kehilangan pengalaman personalnya, yang penuh cinta dan adanya tempat bernaung. Konflik terjadi ketika kedua belah pihak mengalami ketidaksepakatan mengenai suatu hal.  Ketika hal itu terjadi maka keahlian resolusi konflik perlu untuk mengatasi perbedaan dan tetap menjalin hubungan yang positif. Ketika komunikasi dan solusi konflik dilihat sebagai sebuah masalah, maka kita harus merujuk pada adanya masalah di dalam hubungan antar pribadinya. Kemampuan untuk menyelesaikan konflik penting bagi semua tahapan perkembangan manusia, karena dapat mengarah pada hubungan yang produktif dan harmonis. 

 

Keywords

konflik, komunikasi, orangtua, remaja, komunikasi antarpribadi

References

Marchand, Carrie Davis. 2006. Improving Parent and Teen Conflict Resolution Skill: Evaluating the Effectiveness of "Family Reunion" Crisis Intervention Program. Unpublished Thesis.

Ozmete, Emine & Ayse Sezen Bayoglu. 2009. Parent-Young Adult Conflict: A Measurement of Frequency & Intensity of Conflict Issues. Journal of International Social Research Vol2/8 Summer.

De Vito, Joseph. 2001. Interpersonal Communication Book. Pearson.

Rahim, M.Afzalur. 1983. A MEASURE OF STYLES OF HANDLING INTERPERSONAL CONFLICT. Academy of manajement Journal. Vol.26. 368-376

Simpson, A. Rae. 2001. Raising Teens: A Synthesis of Research and a foundation for action. Boston: Center for Health Communication, Harvard School of Public Health.

Weber, Marla Reese & Haring, Suzanne Bartle. 1998. Conflict Resolution Styles in Family Subsystems and Adolescent Romantic Relationships. Journal Youth and Adolescene, Vol.27, 735 - 752

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.