PEMITRA BAGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS DI BOYOLALI

S Sutama, Sabar Narimo, S Suyatmini

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v20i2.4820

Abstract

Dalam membelajarkan matematika diperlukan suatu metode pelajaran yang dapat mengubah persepsi matematika yang sulit menjadi matematika yang menyenangkan. Metode math master merupakan metode dalam membelajarkan matematika yang menekankan pada pemahaman konsep dengan peraga mainan atau media lain yang sesuai dengan dunia anak sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna. Tujuan dari kegiatan ini, yaitu 1) Guru-guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus di Boyolali, memahami dan menguasai metode math master dalam pembelajaran matematika; 2) Siswa-siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus di Boyolali tidak lagi memiliki Numeric phobia terhadap pelajaran matematika; 3) Siswa-siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus di Boyolali memiliki peningkatan dalam pengetahuan dan keterampilan berhitung (matematika) dari sebelumnya. Metode pelaksanaan ini melalui tiga tahap, yaitu workshop, implementasi, dan evaluasi metode math master. Hasil pelaksanaan kegiatan: 1) Guru-guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus di Boyolali menggunakan metode math master dalam membelajarkan matematika; 2) ) Siswa-siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus di Boyolali tidak lagi memiliki Numeric phobia, hal ini dikarenakan guru menggunakan alat peraga atau media lain yang menunjang dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep matematika; 3) Ada peningkatan hasil belajar matematika setelah adanya implementasi metode math master.

Keywords

kemampuan; math master; numeric phobia

References

Kemdikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Napitupulu, E. L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas, (14 Desember 2012) Diperoleh dari : http://edukasi.kompas.com.

Nawi, M. 2012. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum Medan”. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED, 9 (1), 81-96.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

Saifudin dan Muhtadi. 2010. Strategi Math Master Si Jago Matematika. Surakarta: PT Bahana Media Wirayuda.

Santosa, N., Waluya., S. B., & Sukestiyarno. 2012. Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi Master dan Penerapan Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2 (2), 69-75.

Stacey, K. 2011. The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2 (2), 95-126.

Susanto, H. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (2), 1997-212.

Sutama. 2016. Darurat Pembelajaran Matematika: Guru Matematika Profesional untuk Menyiapkan Generasi Emas. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika pada tanggal 15 Mei 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.