IbM ALAT PERAGA MATEMATIKA SD DARI PENGOLAHAN SAMPAH KARET SANDAL DI KECAMATAN KLANGENAN

Widia Nur Jannah, Desy Lusiyana, susi susilawati

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.5063

Abstract

Kecamatan Kelangenan merupakan industri sandal karet di Wilayah Cirebon. Dampak dari melimpahnya produksi sandal berbanding lurus dengan jumlah limbah karet dari sisa pembuatan sandal. Limbah karet sandal belum dimanfaatkan dan diberdayakan secara optimal oleh warga setempat. Maka diperlukan upaya pengelohan sampah karet sandal menjadi alat peraga matematika SD. Tujuan Kegiatan IbM untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru sekolah dasar tentang pembuatan alat peraga matematika dengan menggunakan bahan dasar limbah karet sandal. Kegiatan IbM dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan tentang manfaat dan kegunaan alat peraga, pelatihan membuat alat peraga matematika berbahan dasar limbah anorganik karet sandal dan pendampingan terhadap guru-guru-guru SD tentang implementasi alat peraga dalam pembelajaran matematika di kelas. Bantuan penyuluhan dan pelatihan diberikan kepada guru di SD Negeri 1 dan 2 Jemaras Lor dari dinas pendidikan, UPT Pendidikan Kecamatan Klangenan, Ketua LPPM UMC dan Tim Dosen FKIP UMC. Hasil dari kegiatan IbM adalah guru mendapatkan ilmu tentang manfaat alat peraga dalam pembelajaran matematika dan cara membuat alat peraga, guru lebih kreatif karena telah menghasilkan 10 alat peraga matematika yang ekonomis, siswa sekolah dasar menyenangi proses pembelajaran matematika dilihat dari hasil tes rata-rata nilainya lebih dari 70.

 

Keywords

alat peraga, limbah karet sandal

References

Hadi, Sudharto P. (2005). Demensi Lingkungan Perencanaan Pembangunan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2008). Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (2016). Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Parwati, NN & Putu Wisna, A. (2013). IbM Media Pembelajaran Matematika SD di Kecamatan Penebel. Laporan IbM tahun 2013. Jakarta: Ristekdikti.

Priatna D, dkk. (2007). Modul Pendidikan Matematika I. Bandung: Upi PGSD Kampus Cibiru.

Suwangsih, E & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI PRESS.

Suwardi, Masni Erika Firmiana, Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Vo. 2 No. 4

Tim BPS Kabupaten Cirebon. 2015. Kabupaten Cirebon dalam Angka. Cirebon: BPS Kabupaten Cirebon

Refbacks

  • There are currently no refbacks.