Pemberdayaan Masyarakat UKM Keripik Singkong Rasa Gadung Sebagai Produk Unggulan Daerah Desa Sidomukti Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar

Dian Kresnadipayana(1*)

(1) Setia Budi University
(*) Corresponding Author

Abstract

 

Desa Sidomukti Jenawi Kab. Karanganyar Jawa Tengah, terdapat  produksi keripik singkong namun memiliki rasa gadung bahwa proses pembuatan kripik singkong rasa gadung. Ibu Warti merupakan perintis UKM Keripik Singkong Rasa Gadung di mana UKM tersebut mempunyai kelompok yang banyak memiliki anggota yang banyak salah satunya adalah Kelompok Sri Rejeki yang berdiri pada tahun 2006. Mitra yang kedua pada pengabdian ini adalah Kelompok Wanita Tani Mukti Rahayu di Desa Sidomukti Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar di mana berdiri pada tahun 2009 dengan pengurus antara lain; Ibu Yani sebagai Ketua, Ibu Suharni sebagai Sekretaris dan Ibu Darsimi sebagai Bendahara.

Beberapa permasalahan mitra yaitu kurangnya bahan baku, kurangnya alat penunjang produksi, lemahnya sistem pemasaran dan promosi, lemahnya manajemen keuangan. Beberapa solusi yang ditawarkan adalah penggunaan pupuk organik yang tepat (probiotik), kerja sama dengan pemerintah daerah maupun swasta, pengadaan alat produksi dan pelatihan pengelolaan keuangan berbasis aplikasi program/software keuangan.

Mitra juga berpartisipasi dalam hal pendanaan untuk menunjang program-program yang telah kita sepakati bersama. Pendanaan tersebut merupakan sebagai wujud swadaya masyarakat sehingga adanya kepedulian terhadap kemajuan khususnya daerah Desa Sidomukti, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar dan pada umumnya untuk bangsa dan negara. Mitra Kelompok Sri Rejeki memberikan swadana sebesar Rp 12.000.000,- per tahun selama 3 tahun.

Keywords

produk unggulan, keripik singkong rasa gadung, Kelompok Sri Rejeki

References

Chandra, G., 2002, Strategi dan Program Pemasaran, Yogyakarta : Andi,

DeLozier,M. W. 1976. The Marketing Communication Process. Mc. Grawhill, Inc.

Kotler, P. 1994. Manajemen Pemasaran Edisi 2 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 1994. Manajemen Pemasaran Edisi 2 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & G. Armstrong. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12 Jakarta: Indeks

Kotler, P & G. Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 2 Edisi 12 Jakarta: Indeks

Kotler, P & G. Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2 Edisi 12 Jakarta: Indeks

McCarthy, J. and Perreault, W. 1995. Intisari Pemasaran Sebuah Ancangan Manajerial Global. Jakarta: Binarupa Aksara.

Swainn, W, Perceptions of IMC after a Decade of Development: Who’s at the Wheel, and How Can We Measure Success?, , March 2004, Journal of Advertising Research

Swastha, B. 1984. Azas-Azas Marketing Edisi 3. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, B dan Irawan. 1996. Manajemen Pemasaran Modern Edisi 2.

Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi

Uchjana, Onong. 2002. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Uyung Sulaksana, 2004, Integrated Marketing Communications: Teks & Kasus, Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.

Schultz, Don E., Philip J Kitchen, Integrated Marketing Coammunications in U.S. Advertising Agencies: An Exploratory Study.

Article Metrics

Abstract view(s): 1331 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 795 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.