PEMBENTUKAN BANK SAMPAH DI KEBAYANAN-I DESA PURON KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO

Dwi Astuti, Johan Umfri Muharram, Yesi Listiana

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.5320

Abstract

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah memberdayakan masyarakat di Dusun Kebayanan-I Desa Puron dalam menerapkan system pengelolaan sampah secara benar. Sedangkan tujuan khusunya adalah membentuk bank sampah yang nantinya diharapkan akan mengurangi beban polutan, menambah manfaat ekonomi, serta menciptakan lingkungan bersih. Pada akhirnya outcame yang dapat langsung dirasakan adalah berupa kesehatan dan peningkatan penghasilan.

Sasaran pada kegiatan ini adalah warga masyarakat Dusun Kebayanan-I Desa Puron khususnya para kader maupun pemuda karang taruna yang nantinya akan aktif sebagai penggerak bank sampah yang akan terbentuk. Adapun metode yang diterapkan meliputi tahapan identifikasi permasalahan dengan melakukan survey lapangan, menyusun plan of action (PoA), sosialisasi/penyuluhan, pembentukan kepengurusan, dan pendampingan.

Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya struktur Organisasi Bank Sampah dengan nama “MALIMPA” (Masyarakat Peduli Sampah) di Kebayanan 1, Desa Puron. Pada awal pelaksanaan program terkumpul 6,9 kg dengan  anggota 4 orang. Pelaksanaan kedua anggota bertambah 5 menjadi 9 orang dengan total sampah terkumpul 21 kg.

Keywords

bank sampah, pengelolaan sampah, kesehatan lingkungan

References

Asteria, D. dan Heru Heruman, Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya.Jurnal Manusia dan Lingkungan. Vol.23 No. 1 Maret 2016.

Depkes.2009. Visi dan misi Depkes Tahun 2010-2014. Diakses dari: www.depkes.go.id. Pada tanggal 18 Januari 2017.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. 2015. Profil Kesehatan Puskesmas Kecamatan Bulu.

Kementrian Kesehatan RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Persampahan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Sukoharjo Tahun 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 19 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 25 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.