DIGITALISASI AKSARA JAWA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SMP KABUPATEN KLATEN

Eric Kunto Aribowo

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.5620

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan agar guru-guru mata pelajaran Bahasa Jawa memiliki kecakapan dalam (1) melakukan pemasangan fon Hanacaraka di perangkat komputer; (2) mengetik aksara Jawa dengan terampil; (3) serta memproduksi materi-materi pembelajaran aksara Jawa yang personal, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak didiknya masing-masing dalam bentuk flashcard, meme, comic strip, dan running text. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah anggota dan pengurus MGMP Bahasa Jawa SMP yang terdiri dari 42 peserta yang berasal dari 32 sekolah se-Kabupaten Klaten. Kegiatan ini didahului dengan melakukan analisis kebutuhan melalui wawancara dan survei terhadap guru-guru bahasa Jawa. Focus group discussion melibatkan MGMP Bahasa Jawa untuk menentukan prioritas kendala-kendala yang jamak dihadapi para guru, yang akan dicari solusinya. Implementasi kegiatan dilakukan dengan cara demonstrasi, mempraktikkan pemasangan fon Hanacaraka, pengetikan aksara Jawa, dan pembuatan media-media pembelajaran menggunakan perangkat komputer. Bentuk aktivitas dirancang dengan menggunakan strategi pelatihan untuk menjamin keterampilan peserta dalam penulisan dan produksi media pembelajaran dengan aksara Jawa di perangkat komputer dapat dikuasai dengan baik. Hasil review dan evaluasi pelaksanaan kegiatan menunjukkan materi yang diajarkan tergolong mudah untuk dipraktikkan. Meningkatnya keterampilan guru dalam hal digitalisasi aksara Jawa dibuktikan dengan kemampuan dalam pembuatan media pembelajaran aksara Jawa menggunakan perangkat komputer. Pada dasarnya sebagian besar peserta sepakat bahwa materi yang diberikan memiliki potensi yang besar untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah masing-masing.

Keywords

pemberdayaan masyarakat, hanacaraka, media pembelaja-ran, teknologi pembelajaran, instructional design

References

Aribowo, E. K. (2014a) "iPadagogi dalam Praktik: Sebuah Model m-learning dalam Pembelajaran Bahasa," in Xiaoqiang, Y., Jackson, N., Rahayu, T., Woodrich, C. A., Sudaryani, R. R. S., Purwanto, W. E., dan Wulandari, Y. (ed.) Seminar Internasional dalam rangka PIBSI XXXVI 2014. Yogyakarta, ID: PBSI UAD, hal. 327-335.

Aribowo, E. K. (2014b) "Media Pembelajaran DIY: Membuat Flash Card dan Teka-Teki Silang Mandiri," in Pembelajaran Bahasa untuk Meningkatkan Kualitas Manusia Indonesia yang Berkarakter dalam Era Mondial. Klaten, hal. 140-150. Tersedia pada: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/proceeding/article/view/508/446

Aribowo, E. K. (2015a) "Pemanfaatan Smartphone Semaksimal Mungkin: Digitalisasi Produk Kebahasaan ke dalam Aplikasi sebagai Solusi Mitigasi Pergeseran Bahasa Jawa," Magistra, 26(91), hal. 21-28. Tersedia pada: http://journal.unwidha.id/index.php/magistra/article/download/575/462

Aribowo, E. K. (2015b) "Quizlet: Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning," in Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. Surakarta, hal. 31-38. Tersedia pada: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6379/Eric Kunto Aribowo.pdf

Aribowo, E. K. (2017) "Lembar Latihan Peserta." Open Science Framework. doi: 10.17605/OSF.IO/QWBRS.

Blackwell, R. dan Laman, S. (1948) "Strategies to Teach Sight Words in an Elementary Classroom," International Journal of Education ISSN, 5(4). doi: 10.5296/ije.v5i4.4024.

Budiman, Mahdum dan Burhan, W. (2011) "Increasing The Ability of SMAN 12 Pekanbaru Students in Writing an Analytical Exposition Text through Comic Strips," Nuances, 3(1), hal. 36-44.

Chandra, R. D. A. (2017) "Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, i, u, e, o pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember," INDRIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 2(1), hal. 45-71. doi: 10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71.

DeLong, L., Mclaughlin, T. F., Neyman, J. dan Wolf, M. (2013) "The Effects of Direct Instruction Flashcard System and Model, Lead, and Test on Numeral Identification for a Nonverbal Preschool Girl with Developmental Delays," Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), hal. 1-11.

Erbey, R., McLaughlin, T. F., Derby, K. M. dan Everson, M. (2011) "The effects of using flashcards with reading racetrack to teach letter sounds, sight words, and math facts to elementary students with learning disabilities," International Electronic Journal of Elementary Education, 3(3), hal. 213-226. Tersedia pada: https://iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/228

Gubernur Jawa Tengah (2012) Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Indonesia. Tersedia pada: http://jdihukum.jatengprov.go.id/download/produk_hukum/perda/perda_tahun_2012/perda_9_th_2012.pdf.

Gubernur Jawa Tengah (2013) Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 12 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Indonesia: Peraturan Gubernur Jawa Tengah. Tersedia pada: http://jdihukum.jatengprov.go.id/download/produk_hukum/pergub/pergub_tahun_2013/pergub_57_th_2013.pdf.

Hamidah, N., Usman, S. dan Muhsin (2015) "Improving Writing Skill of The Eight Graders through Comic Strip," Journal of English Language Teaching Society (ELTS), 3(2), hal. 1-11.

Humola, Y. dan Talib, R. (2015) "Enhancing The Students Writing Ability by Using Comic Strip: An action research conducted at the tenth grade of SMA Negeri I Tapa," in ICTTE FKIP UNS 2015, hal. 614-623.

Kartikasari, D. dan Nugroho, G. K. (2010) "Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pokok Bahasan Aksara Jawa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo," Journal SPEED: Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 2(3), hal. 1-6.

LeBrun, C., Jones, S., Neyman, J., Mclaughlin, T. F. dan Schuler, H. (2014) "The Effects of a Modified Direct Instruction Flashcard System on a 14 Year-Old-Student with Learning Behavioral Issues Enrolled in a Behavior Intervention Classroom," International Journal of Undergraduate Research and Creative Activities, 6(4), hal. 1-9. doi: 10.7710/2168-0620.1033.

Listiorini, A. (2017) "Wacana Humor dalam Meme di Media Online sebagai Potret Kehidupan Sebagian Masyarakat Indonesia," LITERA, 16(1), hal. 64-77. Tersedia pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/14251/pdf

Lukmantoro, T. (2017) "Menertawakan Fobia Komunis di Era Reproduksi Digital," Profetik: Jurnal Komunikasi, 10(1), hal. 50-71. Tersedia pada: http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1221/1109

Pawar, M. (2014) Social and Community Development Practice. New Delhi: SAGE Publications.

Pfaff, E., Mclaughlin, T. F., Neyman, J. dan Everson, M. (2013) "The Effects of Direct Instruction Flashcards with Math Racetrack with Addition Facts for an Elementary School Student with ADHD," International Journal of Basic and Applied Science, 2(1), hal. 124-130. Tersedia pada: https://www.insikapub.com/Vol-02/No-01/11IJBAS(2)(1).pdf

Phillips, W. E. dan Feng, J. (2012) "Methods for Sight Word Recognition in Kindergarten: Traditional Flashcard Method vs. Multisensory Approach," in Annual Conference of Georgia Educational Research Association, hal. 1-37. Tersedia pada: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED536732.pdf

Rachmita, N. M. (2016) "Vocabulary Development of Kindergarten Students of Apple Tree Pre-School Samarinda by Using Flashcard," Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 1(2), hal. 119-130. doi: 10.24903/sj.v1i2.27.

Rokhayani, A. dan Utari, A. R. P. (2014) "The Use of Comic Strips as an English Teaching Media for Junior High School Students," Language Circle: Journal of Language and Literature, VIII(2), hal. 143-149.

Santoso, T. B. (2004a) Dokumentasi dan Panduan Pemakaian Hanacaraka Trutype Font untuk Perangkat Lunak Komputer Berbasis Sistem Operasi Windows. Purwokerto.

Santoso, T. B. (2004b) Panduan Pemakaian Hanacaraka Font untuk Pengetikan Aksara Jawa pada Perangkat Lunak Komputer Berbasis Sistem Operasi Windows. Purwokerto.

Soedarso, N. (2015) "Komik: Karya Sastra Bergambar," Humaniora, 6(4), hal. 496-506. Tersedia pada: http://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3378/2757

Verawati, E., Wibisono, B. dan Rochiyati, A. E. (2014) "Ciri-Ciri Bahasa Running Text pada Kabar Pagi di Channel TVOne," Publika Budaya, 3(2), hal. 41-51.

Vincent II, J. W. (Jack) (2009) "Community development practice," in Rhonda, P. dan Pittman, R. H. (ed.) An Introduction to Community Development. New York: Routledge, hal. 58-74.

Volpe, R. J., Mule, C. M., Briesch, A. M., Joseph, Laurice, M. dan Burns, M. K. (2011) "A Comparison of Two Flashcard Drill Methods Targeting Word Recognition," Journal of Beharior Education, 20, hal. 117-137.

Wahyu, D. (2017) "Kata 'Hoaks' dan 'Meme' Sudah Tercatat di Kamus Bahasa Indonesia," Kompas.com, 28 Februari. Tersedia pada: http://nasional.kompas.com/read/2017/02/28/13203281/kata.hoaks.dan.meme.sudah.tercatat.di.kamus.bahasa.indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.