PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SDN SAMBIGEDE 03

Arnelina Dwi Yasa

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6027

Abstract

Guru yang profesional harus memiliki dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, metodologi yang efektif, selalu berusaha mengasah kompetensi melalui pelatihan dan kemauan belajar seumur hidup, kegemaran membaca buku, serta kegiatan penelitian. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran guru wajib melaksanakan PTK dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru SDN Sambigide 03 dalam menyusun proposal dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui program pelatihan dan pendampingan penyunsunan PTK di sekolah.

Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan bahwa Pengabdian yang dilakukan di SDN Sambigede 03 telah berjalan dengan baik. Kegiatan dimulai dengan pretest, kemudian penyampaian materi Penelitian Tindakan Kelas dengan metode ceramah, diskusi, latihan praktek pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan diakhiri dengan post test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta tentang pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebesar 19,46%. Terdapat perbedaan penguasaan konsep tentang PTK sebelum dan setelah diberikan pelatihan dan pendampingan. Ada delapan guru yang memperoleh skor sedang dan tujuh guru mendapat skor tinggi untuk penguasaan konsepnya. Sehingga, dapat dikatakan kegiatan pelatihan dan pendampingan penyunsunan proposal PTK dikatakan berhasil karena nilai N-Gain skor dalam kategori sedang dan tinggi.   

 

Kata kunci: Proposal PTK , SDN Sambigide 03

Keywords

Proposal PTK , SDN Sambigide 03

References

Bambang, Dwiloka. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Elfindri. 2006. Cara Cerdas Mendapatkan Dana Riset. Cibubur: Visimedia.

Hake, R. R. 1999. American Educational Research Association’s Division D. Measurement and Research Methodology: Analyzing Change/ Gain Scores. USA: Woodland.

H.A.R. Tilaar. 2008. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Rosdakarya.

Rochiati Wiriaatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Sarwiji Suwandi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Panitia Sertifikasi.

Suandi, I Nengah, dkk. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah

Melalui Teknik Analisis Pemodelan pada Siswa SMA Negeri1 Singaraja (Laporan Penelitian).

Sudiana, I Nyoman. 2013. Penelitian Tindakan Kelas makalah disampaikan dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Tindakan Kelas bagi Guru-Guru Bahasa Indonesia pada Tanggal 8 Juli 2013 di SMAN 2 Semarapura.

Article Metrics

Abstract view(s): 37 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 30 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.