PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN “TRAINER ARDUINO” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SMK DI PEKANBARU

Adlian Jefiza, Finanta Okmayura, Raja Widya Novchi

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8778

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah, kurangnya minat siswa SMP untuk melanjutkan studi ke SMK Teknologi Elektronika. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, ada beberapa aspek yang harus ditingkatkan, salah satunya dengan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (Guru) dalam perkembangan dunia elektronika. Salah satu cara meningkatkan kompetensi guru  adalah dengan memberikan pelatihan  trainer mikrokontroler tipe Arduino yang dilengkapi sensor-sensor sebagai media ajar bagi guru. Kegiatan pelatihan penggunaan trainer mikrokontroler melibatkan 15 orang Guru SMK di Pekanbaru. Sasaran kegiatan kedepannya mampu meningkatkan kualitas guru, kualitas lulusan SMK, dan menambah minat siswa terhadap SMK Teknologi bidang Elektronika. Output yang hasilkan pada kegiatan pelatihan media ajar trainer Arduino adalah terdapat meningkatkan kualitas guru SMK Teknologi khususnya bidang Elektronika sebesar 24,41%. Peningkatan kompetensi guru dilihat berdasarkan hasil Pretest dan Evaluasi kegiatan.

Keywords

Pelatihan, Trainer Arduino, Kompetensi Guru

References

L. LPTIK, “Informasi UU RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen-UUNo142005 (Guru & Dosen),” 2005.

A. Sutikno, “UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENGEMBANGAN DIRI.”

J. M. Tedjawati, “Peningkatan kompetensi guru melalui lesson study: kasus di Kabupaten Bantul,” J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 17, no. 4, pp. 480–489, 2011.

D. Marwanto, “RANCANG BANGUN TRAINER SENSOR BERBASIS ARDUINO UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMENTASI KENDALI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 5, no. 02, 2016.

Onibonoje, M.O., Umeh, U.N., Kehinde, L.O., 2015. Development of an Arduinobased trainer for building a wireless sensor network in an undergraduate teaching laboratory. Int. J. Electr. Electron. Sci. 2, 64–73.

Daftar Alamat dan Jurusan SMK Negeri dan Swasta Kota Pekanbaru. 2017. http://blog.kartunmania.com/2017/10/daftar-alamat-dan-jurusan-smk-negeri-danswasta-kota-pekanbaru/ dikunjungi 2 Mei 2018.

Nurhadi Budi S. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Jakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 20 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 13 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.