Pendampingan Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Pada Coffee Shop Cekopi di Mendungan, Kartasura

Salman Faris Insani(1*), Ariyani Wahyu Wijayanti(2), Bambang Nur Cahyaningrum(3)

(1) UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA
(2) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(3) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(*) Corresponding Author

Abstract

Cekopi adalah usaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang bisnis coffee shop. Berdasarkan data penjualan, diperoleh informasi bahwa kedai kopi tersebut mengalami fluktuasi penjualan pada tahun 2018. Hal ini dipicu oleh adanya persaingan antar coffee shop yang semakin sengit. Strategi yang dipilih cekopi untuk menyikapi kondisi tersebut adalah dengan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan. Strategi yang mereka pilih untuk mengelola hubungan pelanggan adalah dengan melakukan riset pasar melalui survey kepuasan pelanggan. Melalui survey kepuasan pelanggan, cekopi berharap dapat menggali kebutuhan, keinginan, dan perilaku pelanggan sebagai dasar untuk pengembangan bisnis mereka di masa mendatang. Hingga saat ini, cekopi belum memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan pelaksanaan survey kepuasan pelanggan. Hal ini dikarenakan cekopi belum pernah melaksanakan kegiatan tersebut sebelumnya. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan riset pasar melalui survey kepuasan pelanggan yang terstruktur dan terdokumentasi dengan baik saat ini merupakan hal krusial bagi cekopi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Tim PKM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan pendampingan pelaksanaan survey kepuasan pelanggan yang dilaksanakan dalam enam tahap, yaitu: sosialisasi konsep survey kepuasan pelanggan, merancang kuesioner dan format, merancang prosedur sampling, menyiapkan data, menginterpretasikan hasil survey, serta penyusunan arsip atau dokumentasi kegiatan survey kepuasan pelanggan. Berdasarkan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan, diketahui bahwa pada masing-masing tahapan kegiatan skor posttest mengalami peningkatan ≥ 25 % dari pada skor pretest. Hasil ini menunjukkan mitra UMKM mengalami peningkatan pengetahuan dalam hal pelaksanaan survey kepuasan pelanggan dan pengarsipan hasil kegiatan survey kepuasan pelanggan. Luaran dari kegiatan ini adalah laporan survey kepuasan pelanggan UMKM coffee shop Cekopi tahun 2019. Berdasarkan indikator yang telah diukur, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan, penyuluhan, dan pelatihan survey kepuasan pelanggan untuk mitra UMKM coffee shop Cekopi dinyatakan berhasil.

Keywords

survey, kepuasan, pelanggan, cekopi

References

Ariyanto. 30 Januari 2019. Cekopi, Kedai Kopi di Atas Mobil Combi. http://www.genpi.co (di akses pada tanggal 21 Maret 2019).

Astutik, Yuni. 20 Desember 2018. Es Kopi Susu di Solo Mulai Rp12.000, Rasa Nikmat dengan Harga Bersahabat. http://www.travelingyuk.com (di akses pada tanggal 21 Maret 2019).

Cekopi. 2019. Data Penjualan Cekopi Januari - Desember 2018. Tidak dipublikasikan.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kristin, F. (2017). Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 405–413.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management, Analysis Planning, Implementation and Control. 9st Edition. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Kumalaningrum, F., Widajanti, E., Sutarno. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Konsumen CS Kopi Tubruk Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No. 2 Juni 2016: 226 – 233.

Munandar, Dadang. 2016. Relationship Marketing: Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Ekuilibria.

Sekaran, Uma & Bougie, R. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sukirman, Putra, M.M. R., & Kusumawati, A.J. 2019. Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Cloud Computing Sebagai Sarana Pengelolaan Kuesioner Bagi Guru Muhammadiyah Tanon. Jurnal Warta Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Vol. 22, No. 2, September 2019, hlm. 120-128.

Wibowo, A.P. 2018. Perencanaan Sistem Persediaan Bahan Baku Guna Meningkatkan efisiensi pada Coffee Shop Cekopi Solo. Skripsi S1 Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Tidak dipublikasikan.

Article Metrics

Abstract view(s): 130 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 94 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.