Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi dan Kematangan Emosional Anak PAUD dan Non PAUD
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v11i1.10589
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, D. (2013). Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti PAUD. Jurnal Kesehatan. Jakarta: FKUI.
Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Rosda Karya
Dini, W (2011). Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A di TK Nurul Ulum Bambe Driyorejo Gresik. Jurnal Pendidikan. Surabaya: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Djamarah, SB. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Euis S, Lusiaana, T, dan Florence. (2004). Pengembangan Alat Ukur Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Penelitian. Bogor: Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga. Fakultas Pertanian, IPB.
Eun, Y.L. (2006). Measuring Social Compentence in Preschool-Aged Children Through the Examination of Play Behaviors. Theses and Dissertation Publication. USA: University of South Florida.
Fahman, Morrel, Stuart, and John. (2008) Behavioural, Social, and Emotional Assessment of Children and Adolesent. New York: Routledge Taylor and Francis Group.
Fikriyati. (2013). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Lentera Pendidikan. 12, 1.
Hurlock, E. B. (2008). Perkembangan Anak. Jilid I, Edisi 6. Jakarta: Erlangga.
Ibung, (2009). Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta : PT Media Elex Komputindo. http://books.google.co.id/books.
Isye, W, (2006), Sampai di Dana Kemampuan Anak Prasekolah?, Jakarta: Klinik Pela.
Joko, S. (2009). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemampuan Sosialisasi pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman. Volume 4, No. 3, November 2009.
Komariah, Nurul. (2012). Analisis Kemampuan Sosialisasi Anak Prasekolah. Jurnal Kebidanan. Poltekkes Kemenkes Palembang Jurusan Kebidanan.
Lindawati (2013). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Jurnal Healthy Quality Vol. 4 No. 1, November 2013.
Mansur. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muscari, M. E. (2005). Panduan Belajar Keperawatan Pediatrik Edisi 3. Jakarta: EGC.
Ni Putu, SA. (2015). Hubungan Latar Belakang Pendidikan Play Group dengan Perkembangan Psikososial Anak. KMB Maternitas Anak dan Kritis. Juli Volume 2 No. 1 2015.
Papalia, Olds, & Feldman, (2009). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.
Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Pasekolah. Jakarta : Renika Cipta
Potter dan Perry (2005). Fundamental Nursing: Concept, Process and Practice. Sixth Edition. St. Louis. Mosby New York.
Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional (2007). Kajian Standar Isi Pendidikan Dasar dan PAUD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Riyanto, Theo. (2004). Pembelajaran Sebagi Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Salimar. (2011). Hubungan Beban Kerja, Pengetahuan Ibu, Pola Asuh Psikososial Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 tahun. PGM 2011. IPB: Departemen Ilmu Keluarga dan Perkembngan Anak.
Santi, D. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : indeks.
Setiawan, (2010). Masalah Sosial Anak Meningkat. Pikiran Rakyat (on line). Tersedia : http//bataviase.co.id.
Siswoyo. (2011) Perbedaan Tingkat Perkembangan Personal Social Pada Anak Usai Prasekolah Yang Menjalani PAUD dan Tidak PAUD. J. Indon Med Assoe, Volume 61, September 2011.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soetjiningsih G. (2014). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Sulistyawati, Ari. (2014). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Salemba Medika. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Suyadi. (2014). Teori pembelajaran anak usia dini. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Trinataliswati. (2010). Berbedaan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Prasekolah Dengan Riwayat Paud Dan Tanpa Riwayat PAUD di Desa Sumber Porong Lawang. Jurnal Keperawatan. Volume 1 No. 2. ISSN : 2086-3071
Ulfa, A. K. (2011). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Emosi Anak TK Tarbiyatul Athfal di Bakalan Susukan Semarang. Jurnal Penelitian. Surakarta: Progdi Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Uno, H.B., (2008), Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Penerbit Bumi Aksara, Jakata.
Wong, DL. (2009). Buku Ajar Keperatawan Pediatrik. Edisi 6. Volume 2. Jakarta: EGC.
Yamin M dan Sanan JS. (2013). Panduan PAUD. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Yusuf, (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view(s): 484 time(s)PDF: 592 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.