Hubungan Promosi Susu Formula dan ASI Eksklusif
(1) Program Studi DIII Keperawatan, STIKES Panca Bhakti, Lampung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v14i1.13187
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A., Hamisah, I., & Mutia, Y. (2020). Hubungan promosi susu formula, produksi ASI dan psikologis ibu dengan pemberian ASI Eksklusif. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan, 1(2), 159-164. http://www.ejournal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/gikes/article/view/409/0
Dewi, A.S., Gustiawarni, A., Wahyuni, R.S. (2019). Hubungan Peran Petugas Kesehatan dan Promosi Susu Formula Terhadap Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Raya Kota Pekan Baru 2018. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 9 (2). 65-74. http://www.ejurnal.umri.ac.id/index.php/photon/article/view/1097
Hansen, V.K., Hong,P.L.T., Thanh,N,T., Sigrun,H., Ojoijuanfo, R.L,dkk. (2017). Media Audit Reveals in appropriate promotion of products under the scope of the International Code Of Marketing Of Breast-milk Substituties in South-East Asia. Public Health Nutrition. 20 (8). 1333-1342. https://www.proquest.com/docview/1964193176/DF38COFF94834447PQ/14
Kemenkes. (2018). Menyusui Sebagai Dasar Kehidupan. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/article/view/19011500003/menyusui-sebagai-dasar-kehidupan.html
Kemenkes. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf
Kotler,P., & Keller,K.L. 2009. Manajemen Pemasaran.. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Listyaningrum, T.U., & Vidayanti, V. (2016).Tingkat Pengetahuan dan Motivasi Ibu berhubungan deng Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. Vol 4 (2). 55-62. http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2016.4(2).55-62
Netty, N., Qariati, N. I., & Rabiathul, S. (2019). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Iklan Susu Formula dengan Pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Puskesmas Rawat Inap Cempaka Kota Banjarbaru. Jurnal Kesehatan Indonesia, 9(2), 91-98. http://journal.stikeshb.ac.id/index.php/jurkessia/article/view/177
Nuraini,T., Julia, M., Dasuki,D. (2013). Sampel Susu Formula dan Praktik Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 7 (12), 551-556. https://journal.fkm.ui.ac.id/kesmas/article/view/329/328
Hudayah,N., Meilani,N., & Ona,W. (2019). Determinan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kotabengke. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. Vol.6 (3). 103-108).
PP No.33 (2012). Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2012/33TAHUN2012PPPenjel.htm
Permenkes No.39 (2013). Susu Formula Bayi dan Produk Bayi Lainnya.https://kesmas.kemkes.go.id/perpu/konten/permenkes/pmk-nomor-39-tahun-2013-susu-formula-bayi-dan-produk-bayi-lainnya-114
Peraturan Pemerintah Nomor 69. (1999). Label dan Iklan Pangan.http://pphtp.tanamanpangan.pertanian.go.id/assets/front/uploads/document/PP%20No.%2069%20Tahun%201999%20Tentang%20Label%20&%20Iklan%20Pangan.pdf
Rahmawati, N., & Arti,A. (2011). Hubungan Ketertarikan Iklan Susu Formula Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Desa Kemudo Prambanan Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, 1(1). 61-72. http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/involusi/article/view/18
Riyanti, Nurlaila, Astutiningrum,D. (2018). Pengaruh Edukasi Breastfeeding Ibu Postpartum Terhadap Breastfeeding Self Efficacy. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. Vol 14 (3). 96-104. http://www.ejournal.stikesmuhgombong.ac.id/JIKK/article/view/350/196
Rosmayanti.,L.M. (2019). Larangan Bidan Mempromosikan Susu Formula Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 Tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif Dihubungkan Dengan Asas Kepastian Hukum. Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra. 7 (2), 71-78. https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/JIKI/article/view/155/121
Sabati, M. R., & Nuryanto, N. (2015). Peran Petugas Kesehatan Terhadap Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif. Journal of Nutrition College, 4(4), 526-533. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/10158
Siregar, R. D., Asriwati, A., & Sibero, J. T. (2020). Kemajuan Teknologi Dalam Masyarakat, Promosi Susu Formula, Gaya Hidup, Dan Dukungan Tenaga Kesehatan Mempengaruhi Pemberian Susu Formula Pada Bayi Usia 0-6 Bulan. Window of Health: Jurnal Kesehatan, 317-325. DOI: https://doi.org/10.33368/woh.v0i0.369
Sukamto., Bruh,R.H., Adi,M.S. (2015). Tawaran Langsung Yang dilakukan Bidan Berpengaruh Terhadap Pemberian Susu Formula Kepada Bayi Baru Lahir. Jurnal Pena Medika. 5 (1), 110-117. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/medika/article/view/352/332
UU No 36. (2009). Kesehatan. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2009/36tahun2009uu.htm
WHO. (2018). World Breasfeeding Week 2018. https://www.who.int/news-room/commentaries/detail/world-breastfeeding-week-2018
WHO. (2020). Infant and Young Child Feeding. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding
Wijayanti,I.T., & Hastuti,P. (2016) Karakteristik Bidan Dalam Pemberian Susu Formula Pada Bayi Baru Lahir di Kabupaten Pati. Prosiding University Research Coloquium.3. 229-233. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6758
Wijaya,C.(2017). Pelarangan Iklan Susu Formula Didukung. https://sains.kompas.com/read/2017/01/13/140000023/pelarangan.iklan.susu.formula.didukung?page=all
Yumni, F.L., & Wahhyuni,C.T. (2018). Hubungan Promosi Iklan Susu Formula Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Desa Pandanarum, Kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. 3 (2). 95-100. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/1779
Zakirman,D. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 dengan Sikap Bidan Mengenai Pemberian Susu Formula Pada Bayi Usia 0-6 bulan di BPM Wilayah Kota Cimahi. Prosiding PIN-LITAMAS, 1 (1). 507-515. file:///C:/Users/MICRO/Downloads/422-Article%20Text-1152-1-10-20200115%20(1).pdf
Article Metrics
Abstract view(s): 2191 time(s)PDF: 1182 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.