. HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN LAMA KERJA PERAWAT DENGAN KINERJA PERAWAT DI RSU PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI
(1) RS Pandanaran Boyolali
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v1i3.3750
Abstract
representing service form which was passed by client by an team of multi discipline is including
care team. Team of treatment service give the service to client as according to confidence of
standard and profession specified. Target of: target of this research is to know correlation between the
education and long of working the nurse to The performance nurse on Pandan Arang Hospital in
Boyolali. This Research represent the research with the analytic descriptive method with the
approach of cross sectional study. Population in this research is nurse at Pandan Arang Hospital in
Boyolali, calculated are 107 nurses. Sample technic was population research. Result of calculation
test the hypothesis use the statistical test of Chi Square by means of assist the program of SPSS version 13.
Concluded: (1). There is relation between nurse education at Nurse on Pandan Arang Hospital in
Boyolali, and ( 2). There is relation between long of working the nurse to nurse performance at nurse on
Pandan Arang Hospital in Boyolali. Suggested that a nurse improve the caring performance for the patient
hospitalization with by following workshop, training or continue the school to higher level and expected a
nurse to increase its performance a nurse which have status part-time its contract so that can work
longer in Pandan Arang Hospital in Boyolali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin, 2006. Peningkatan Mutu Pelayanan RS dengan Pemberdayaan Problem Solving Mindset.
www.health-irc.or.id. Akses [03 Jan 2006 - 04:28 AM]
Arfrida, 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Penerbit: Ghalia Indonesia Arikunto, S., 1996. Prosedur
Penelitian:suatu pendekatan praktek.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Budiarso, A.W., 1999. UU Perlindungan Konsumen dan Dampaknya Kepada Pelayanan Rumah Sakit.
Jakarta: Seminar Sehari IDI tentang Perlindungan Konsumen Pelayanan Kesehatan.
Djati P.S., dan Khusaini, 2003. KajianTerhadap Kepuasan Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Prestasi
Kerja.Surabaya: Universitas Kristen PETRA
Ellitan, L., 2003. Peran Sumber Daya Dalam Meningkatkan Pengaruh Tehnologi Dalam Produktivitas.
Surabaya: Universitas Kristen PETRA
Febri, 2006. Sistem Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis: untuk Perawat dan Bidan di Rumah Sakit
dan Puskesmas Indonesia.http:/www.kinerjaklinikperawatbidan.net
Gartinah, T.;Sitorus, R.; Irawati, D., 2006. Pelayanan Profesionalisme Keperawatan Yang Didukung Oleh
Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. http://www.inna-ppni.or.id
Grossmann, M., 1999. The Human Capital Model of The Demand for Health. Cambridge: National
Bureau of Economic Research.
Hadi, S. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Hapsari, E.D., 2006. Menyiapkan Perawat yang Siap Berkompetisi di Era Pasar Global . http:www.io.ppijepang.org
Harsiwi, A.M., 2003. Hubungan Kepemimpinan ransformasional dan Karakteristik Personal Pemimpin.
Kinerja: Jornal Bisnis dan Ekonomi Vol 5, No. 1, Juni 2001. Yogyakarta: Program 8 Pasca Sarjana
Universitas Atmajaya.
Haryono, S., 2004. DP 3 Salah Satu Indikator Akuntabilitas Internal Unit Kerja Organisasi. Buletin
Pengawasan No. 45 & 46 Th. 2004 www.pu.go.id/itjen/buletin/4546dp3.htm
Mardiyanto, 2005. Keputusan Gubernur Jawa Tengah, Nomor 71 Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan
Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Tengah. Semarang: Gubernur Jawa
Tengah
Murti, B., 2003. Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi (Edisi Kedua) Jilid Pertama.Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press. Mustikasari, 2002, Model Pelayanan Keperawatan Berorientasi Pada
Peningkatan Kemampuan Pasien Dan Keluarga Dalam Penanggulangan Masalah Kanker Payudara.
Jakarta: Fakultas kedokteran, Universitas Indonesia
Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Nur’aini, 2004. Aktivitas Program Intervensi Pengendalian Stres Kerja Perawat Dalam Upaya
Meningkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Unit Perawatan Intensive Rumah Sakit Haji Medan.
Medan: Universitas Sumatera Utara.
Nurachmah, E., 2001. Asuhan Keperawatan Bermutu di Rumah Sakit. Jakarta: Seminar Keperawatan RS
Islam Cempaka Putih. http://www.pdpersi.co.id. Akses: 12 Pebruari 2005.
Palgunadi, 2004. Analisis Regresi Ganda Linier dengan SPSS.Surakarta: Pascasarjana UNS
Simanjuntak, P.J., 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi
Universitas Indonesia.
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit ALFABETA
Suhartati, 2005. Pengembangan Manajemen dan Kinerja (PMK)Perawat dan Bidan. Media Pengembangan
SDM Kesehatan, Vol. 1 No. 1, Januari 2005. http://www.bppsdmk.or.id
Sudjana, 1996. Metode Statistik.Bandung: Penerbit TARSITO Sulistyani, A.T. dan Rosidah, 2005.
Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Supari, S.F., 2005. Menteri Kesehatan Canangkan Gerakan Moral Nasional Keselamatan Pasien Rumah
Sakit. Jakarta: Bagian Humas – Biro Umum dan Humas Setjen Depkes. Http://www.Bppsdmk.or.id.
Akses: 22 Desember 2005.
Toyib, H., 2005. Pengaruh Jenis Pembayaran Terhadap Mutu Asuhan Keperawatan Pasien Rawat Inap di
Rumah Sakit Umum Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Surakarta: Skripsi, Fakultas Kedokteran,
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Article Metrics
Abstract view(s): 1843 time(s)PDF: 1828 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.