IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
Aceng Rahmat(1*)(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum bahasa
asing Pendidikan Taman Kanak-kanak di Jakarta. Secara khusus, tujuan penelitian
ini untuk mengetahui (1) profil guru bahasa asing, (2) proses pembelajaran bahasa asing (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap proses
pembelajarannya, dan (4) kendala-kendala dalam pembelajaran bahasa asing di
TK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Responden dalam penelitian
ini adalah guru bahasa asing. Data dikumpulkan dengan angket, wawancara
mendalam, dan simak catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskripstif
dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kualifikasi
pendidikan guru TK masih relative standar, yaitu sarjana namun kebanyakan dari
mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bahasa
asing yang mereja ajarkan, (2) secara umum, proses pembelajaran berjalan relative lancer seperti suasana pembelajaran, materi dan konsep, strategi, aktivitas pendukung, metode mengajar, ujian dan evaluasi serta media yang digunakan, namun dalam beberapa hal tidak berjalan sebagaimana mestinya, seperti desain kurikulum, silabus, dan materi pembelajaran, (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajarannya relative bagus dan positif walaupun dalam beberapa aspek seperti penyiapan pembelajaran, spirit bersaing dan dorongan pembelajaran, penguasaan pembelajaran dan partisipasinya perlu ditingkatkan, serta (4) terdapat beberapa kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan kurikulum bahasa asing seperti kurang relevannya latarbelakang pendidikan guru, kurangnya dukungan dan partidipasi orang tua siswa, kurangnya jam belajar, kurangnya media dan sarana belajar serta kurangnya motivasi siswa.
Kata kunci: kurikulum, bahasa asing, sekolah Taman-Kanak
Full Text:
PDFReferences
Aronoff, Mark dan Miller R.Janie. Eds. 2001. The Handbook of Linguistics. Oxford: Blackwell Publisher.
Brown, Dean James. 1995. The Elements of Language Curriculum: A Systematic Approach to Program Development. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
Brown.H. Douglas. 2007. The Principles of Language Teaching and Learning. New York: Pearson Education, Inc.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Clark, H., Herbert and Clark V.Eve. 1977. Psychology and Language. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
Dardjowidjojo, Soejono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Finn, Patrick J. 1993. Helping Children Learn Language Arts. Longman Publishing Groups.
Graves, Kethelen. 2000. Designing Language Courses: A Guide for Teachers, Boston: Heinle and Heinle Co.
Hamalik. Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Penerbit Bumi Aksara.
Hoff, Erika. Language Development. United States: Wadsworth Thomson Learning. 2005.
http://www.infed.org/biblio/b-curric.htmcurriculum theory and practice/8/12/2009.
http://en.wikipedia.org/wiki/curriculum8/12/2009.
http://en.wikipedia.org/wiki/Language_acquisition/2/1/2010.
Kenworthy, Joanne. 1997. Teaching English Pronunciation: London: Longman.
Klein, Kerstin. 2005. Teaching the World’s Children. English Teaching Forum, Volume 43, Number 1: 2-7.
Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Penerbit PT.Remajarosda Karya.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Penerbit PT. Remajarosda Karya.
Moon, Jayne. 2000. Children Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Limited.
Moeslichatoen. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Mustafa, Bacharudin. 2007. Buku PAUD, unpublished.
Program Studi Pendidikan Bahasa. 2008. Kurikulum PSPB UNJ. PS-PB UNJ.
Richards, C. Jack. 2005. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge Language Education.
Santrock, John W. 2007. Child Development, Taxas: McGraw-Hill.
Sa’ud Saefudin U. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Shin, Joan Kang. 2006. Ten Helpful Ideas for Teaching English to Young Learners. English Teaching Forum, Volume 44, Number 2: 2-7.
Schindler, Andrea. 2006. Channeling Children’s Energy through Vocabulary Exercises.
English Teaching Forum, Volume 44, Number 2:8-13
Steinberg, D. Danny., Nagata, Hirosi., Aline.P.,David. 2001. Psycholinguistics: Language, Mind, and World. London: Longman.
Sumantri, Mulyani. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Proyek LPTK.
Article Metrics
Abstract view(s): 602 time(s)PDF: 388 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.