AKUARIUM DARI BOTOL PLASTIK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGANALISIS INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI SMP NEGERI 1 KARTASURA
Adam Pri Afandi(1*), Adinda Putri Yunika(2), Awalia Ristyani Hidayah(3), Dela Tri Wahyu Andayani(4), Lisa Hilma Arini(5), Ariyanto Ariyanto(6)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis media pembalajaran berupa akuarium dari botol plastik yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran di SMP Negeri 1 Kartasura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan pengamatan yang dilakukan secara langsung. Setelah data diperoleh, kami melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif. Dari pengamatan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran akuarium dari botol plastik ini sangat efektif dan dapat menciptakan keaktifan saat proses pembelajaran berlangsung.
Full Text:
PDFReferences
Darmaawan Deni. & Permassih. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok : Rajawali Pers.
Hamalik. & Oemar. (1986). Media Pendidikan. Bandung : Almn.
Santosa, Priya. (2018). Mahir Praktikum Biologi Penggunaan Alat-Alat Sederhana dan Murah Untuk Percobaan Biologi. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Sumiharsono Rudy, dan Hasanah Hisbiyatul. (2017). Media Pembelajaran. Jember : CV Pustaka Abadi.
Article Metrics
Abstract view(s): 527 time(s)PDF: 379 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.