TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL SISWA SMA NEGERI 2 SUKOHARJO
Dhimas Arsyad Arrajiv(1*), Miftahul Arifah B. B(2), Tyas Wahyuningsih(3), Kartini Kartini(4), Laili Etika Rahmawati(5)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambiyar, dkk. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di SMAN 1 Lembah Melintang dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1246-1258.
Asmar, Ali & Hafizah Delyana. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (2), 221-230.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Goddard, C. (1994). The Meaning of Lah: Understanding "Emphasis" in Malay (Bahasa Melayu). Oceanic Linguistics, 33(1), 145-165.
Krissandi, ADS, & Rusmawan. 2015. Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3: 457-466.
Kurnianingsih, Indah., ROSINI., & Nita, Ismayati. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.
Muhtadi, Dedi dan Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Mosharafa, 6(1), 1-12.
Mulyaningsih, Indrati Endang. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-151.
Plews, R. C. (2017). Self-Directed in Online Learning. International Journal of Self-Directed Learning, 1(14), 37-57.
Pradilasar, Lia. Dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15.
Sanjaya, Ridwan. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Setyaningsih, Rila dkk. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200-1214.
Suciati, Wiwik. 2016. Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Bandung: CV. Rasi Terbit.
Sumiati, Eti & Widjonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65-80.
Sutrisna, I Putu Gede. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi. Jurnal Statistika, 8(2), 268-283.
Syarifudin, Albitar Septian. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34.
Yudha, Reza Praditya. (2017). Tantangan Literasi Era Media Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi , 6(12), 132-139.
Yunita, Rika Arni & Hamdi. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Fisika Terintegrasi Edupark. Jurnal Pendidikan Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 172-179.
Article Metrics
Abstract view(s): 1321 time(s)PDF: 1116 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.