BAHAN PEMBUATAN UMMA KALADA MASYARAKAT ADAT LOURA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SD DAN PENDIDIKAN KARAKTER
Rahel Maga Haingu(1*), Heronimus Delu Pingge(2)(1) STKIP Weetebula
(2) STKIP Weetebula
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bahan dasar pembuatan umma kalada masyarakat adat Loura; 2) untuk menemukan Sumber belajar IPS SD yang bersumber dari umma kalada masyarakat adat Loura, dan 3) untuk menemukan nilai pendidikan karakter dari umma kalada masyarakat adat Loura. Desain penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian etnografi. Penelitian dilakukan di Desa Karuni, kecamatan Loura, Sumba Barat Daya. Data dikumpulkan serta dianalisis yang bersumber dari wawancara, observasi, dan studi literatur. Partisipan penelitian etnografi ini masyarakat adat yang berada di wilayah wanno kalada masyarakat adat Loura yang masih mempertahankan umma kalada. Ditemukan bahan dasar pembuatan umma kalada adalah diperoleh dari lingkungan sekitar yakni ilalang, bambu, kayu berumur panjang, batu dan tali hutan. Nilai-nilai karakter yang ditemukan dalam bahan pembuatan umma kalada memuat lima nilai utama karakter bangsa yakni religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. Bahan pembuatan umma Kalada dijadikan sebagai sumber IPS belajar yang kontekstual dengan materi kekayaan sumber daya alam daerah setempat dan pemanfaatannya bagi kehidupan manusia. Sedangkan nilai karakter yang terdapat dalam umma kalada menjadi sumber pendidikan karakter di dalam kelas maupun budaya sekolah untuk mendukung program Penguatan Pendidikan Karakter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
archeyes.com. 2020. Sumbanese Traditional Houses in Indonesia /Vernacular Architecture, dari https://archeyes.com/sumbanese-traditional-houses-in-indonesia-vernacular-architecture/
Creswell, J. W. 2010. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. (terj.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Creswell,J.W. 2008. Education Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, (third ed.). New Jersey: Person International Edition.
Futurelab.2009. Curriculum and teaching innovation Transforming classroom practice and personalisation. Dari www.futurelab.org.uk/handbooks.
Gema Budaya. 2012. Mengintip Pembuatan Rumah Adat Sumba. Dari http://gema-budaya.blogspot.com/2012/03/mengintip-pembuatan-rumah-adat-sumba.html
Jackson dkk.2006. Developing Creativity in Higher Education An imaginative curriculum. Routledge:2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon OX14 4RN
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiya (SD/MI) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kemendikbud. (2017) Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Tim PKK Kemendikbud
Mahdayeni, dkk. 2019. Manusia Dan Kebudayaan (Manusia Dan Sejarah Kebudayaan, Manusia Dalam Keanekaragaman Budaya Dan Peradaban, Manusia Dan Sumber Penghidupan). TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(2). pp 154-165
Miles, M.B. dan Huberman, A.M. 1989. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publishers.
Supriatna dan Maulidah. 2020. Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS. Bandung Rosda Karya.
Sarjio dan Panen. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovatif Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. 6(2). Pp 83-98
Suswandari. 2018. Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Tersedia online dari https://nanopdf.com/download/pendekatan-etnopedagogi-dalam-pembelajaran-ips-di-sekolah_pdf
Tilaar, H. A. R. 2015. Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Tinja, Y. Siti, M.T, & Hariyono. 2017 Pengembangan bahan ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya melestarikan budaya pada Siswa Sekolah dasar. jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9),1257-1261
Oktavianti dan Ratnasari. 2018.Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika. 8 (2). pp. 149-154
Pingge, H.D. 2019. Learning Materials Based On Local Wisdom Of Sumbanese As The Source Of Learning In Elementary School. Proceedings The 4th International Seminar on Social Studies and History Education. Universitas Pendidikan Indonesia
Pingge,H.D. 2017. Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah. Jurnal edukasi Sumba. 1(2). 128-135
Peraturan Pemerintah. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018… tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016
Piirto. 2011. Creativity for 21st Century Skills How to Embed Creativity into the Curriculum. Sense Publishers:3001 AW Rotterdam, The Netherlands
Zulfikar, F. 2020. Kearifan Lokal Dalam Arsitektur Rumah Adat Osing Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. JPSI. 3(1).pp 45-51
Article Metrics
Abstract view(s): 347 time(s)PDF: 347 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.